Bupati Imbau Perangkat Daerah Segera Lakukan Pelayanan Perizinan Online

Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Wakil Bupati Pelalawan Zardewan ketika mengikuti Rakornas TPID di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

JAKARTA, DISKOMINFOTIK --  Bersama sejumlah bupati dan walikota se-Indonesia, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Kamis (27/7/2017) mengikuti Rakornas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2017 di Ball Room Puri Agung Lantai II Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta.

Sesuai salah satu arahan Presiden Joko Widodo pada Rakornas itu, Bupati Amril meminta seluruh Kepala Perangkat Daerah (PD) di Kabupaten Bengkalis menyederhanakan proses pelayanan perizinan yang diberikan.

“Buat sesederhana mungkin dengan standar operasional pelayanan yang jelas. Pangkas waktu pelayanan sesingkat mungkin. Kalau menurut ketentuan perundang-undangan dapat diselesaikan 2 atau 3 hari, jangan dibuat 2 atau 3 minggu. Apalagi sampai 2 hingga 3 bulan,” pesan Amril, usai pembukaan  Rakornas.

Kemudian, dia juga berharap segera mungkin masing-masing PD yang pelayanan perizinan, dapat memberikannya hal tersebut dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi.

“Kami sudah instruksikan masing-masing Kepala Dinas/Badan untuk segera melakukan percepatan agar pelayanan perizinan yang diberikan dapat dilakukan secara online. Buat aplikasi untuk mempercepat proses perizinan. Tak perlu malu, belajar ke daerah lain yang pelayanan perizinanannya secara online sudah baik,” ujar Amril.

Di bagian lain Amril berharap, masing-masing PD juga senantiasa mengupdate informasi, khususnya tentang kegiatan di PD tersebut. Baik itu melalui website yang dimiliki Pemkab Bengkalis maupun website PD itu sendiri.

“Kami yakin banyak informasi yang dapat diberikan kepada masyarakat melalui website tersebut. Namun sayangnya, keberadaan website tersebut belum dioptimalkan. Bahkan ada yang kami pantau ‘hidup segan mati tak mau’. Kalau tak ada tenaga skill, ikutkan staf dalam pelatihan,” imbuh Amril.

Ikut mendampingi Bupati Amril pada kegiatan Rakornas TPID tersebut, diantaranya Kepala Bappeda H Jondi Indra Bustian, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Ketahanan Pangan Syafrizan, Plt Kepala Dinas Komunikas, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) M Nasir, serta Kepala Bidang Sumber Daya Komunikasi dan Informatika Diskominfotik Adi Sutrisno.