Sempena Hari Jadi ke-505 Bengkalis, Panitia Siapkan Berbagai Acara

Teks foto: Ilustrasi Foto Permainan Rakyat (Sumber Internet)

BENGKALIS, DISKOMINFOTIK – Untuk merayakan sekaligus memeriahkan Hari Jadi ke-505 Kabupaten Bengkalis tahun 2017 yang jatuh pada 30 Juli, panitia pelaksana menyiapkan berbagai kegiatan, mulai dari bernuansa religius, kebudayaan, permainan tradisional dan hiburan.

Demikian dikatakan Ketua Seksi Dokumentasi dan Publikasi Hari Jadi ke-505 Bengkalis, Muhammad Nasir, Kamis (13/7/2017). Pada agenda pertama, tepatnya Kamis 19 Juli akan digelar kenduri adat yang dilaksanakan di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Bengkalis. 

Dikatakan M Nasir, tata cara pelaksanaan dalam kenduri adat sempena Hari Jadi ke-505 Bengkalis ini, sangat kental dengan nuansa Melayu, mulai dari pakaian para undangan yang hadir. Kemudian kuliner yang disajikan tentu merupakan masakan khas Melayu Bengkalis. Begitu juga para pengantar hidangan makanan, juga harus mengetahui bagaimana menyajikan sesuai dengan tradisi Melayu.

“Dalam kenduri adat ini, nantinya Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama orang tua, tokoh masyarakat dan seluruh undangan, akan memanjatkan doa bersama untuk memohon kesalamat, kedamaian dan keharmonisan bagi Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis,” ungkap M Nasir.

Setelah menggelar kenduri adat, selanjutnya digelar kegiatan malam Pelangi Negeri Junjungan selama hampir satu pekan. Berbagai budaya dan kesenian dari seluruh paguyuban suku dan etnis yang ada di Kabupaten Bengkalis akan ditampilkan pada malam Negeri Pelangi Negeri Junjungan ini. “Biasanya pada penampilan pertama dari etnis Melayu. Selain itu, sesuai rencana, panitia juga mengundang kelompok seni budaya dari Medan, Sumatera Utara,” ungkapnya.

Dikatakan Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik ini, kegiatan malam Pelangi Negeri Junjungan ini, sebagai upaya melestarikan khasanah budaya yang ada di Kabupaten Bengkalis. Meskipun setiap etnis dan suku memiliki seni dan budaya yang berbeda, namun terlihat indah layaknya sebuah pelangi, bila disatukan oleh kebersamaan untuk membangun Kabupaten Bengkalis.

Selain itu, panitia tetap konsisten menggelar Permainan Anak Negeri, berupa lomba permainan rakyat seperti permainan gasing, engkrang dan layang-layang. Perlombaan ini, tentu akan melibatkan pelajar dari berbagai sekolah di kota Bengkalis dan sekitarnya.

Pada puncak Hari Jadi ke-505 Bengkalis, yang jatuh pada 30 Juli, akan dilaksanakan sidang istimewa paripurna di Gedung DPRD Bengkalis. Kemudian dilanjutkan dengan pawai budaya yang diikuti seluruh paguyuban, sekolah dan lembaga/institusi di Kabupaten Bengkalis. “Panitia juga menjadwalkan ziarah kubur, yakni makam Dara Sembilan di Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis dan makam Datuk Laksamana Raja Dilaut di Kecamatan Bukit Batu,” tandasnya.

Pada malam penutupan, panitia pelaksana Hari Jadi Bengkalis menggelar malam hiburan rakyat, menghadirkan Armada Band dan artis dangdut dari Jakarta. Terkait dengan isu artis dangdut, M Nasir membantah, kalau panitia akan mendatangkan Zackia Gotik. “Tidak benar kita akan mengundang Zaskia Gotik. Tapi artis lain,” ungkapnya.


Tulis Komentar