Pencarian

Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Bengkalis Taja FKP

BENGKALIS - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis gelar Forum Konsultasi Publik (FKP) Pelayanan Administrasi Kependudukan Kabupaten Bengkalis, Jum'at, 25 Oktober 2024 di Disdukcapil Kabupaten Bengkalis.

Acara FKP dibuka dan dipimpin langsung oleh Kadisdukcapil Kabupaten Bengkalis Ismail didampingi pejabat Admistrator dan Pengawas dilingkup Disdukcapil Kabupaten Bengkalis Bengkalis.

Ismail mengatakan tujuan dilaksanakan FKP sebagai upaya untuk menyampaikan kebijakan pelayanan dan menghimpun masukan secara partisipatif berkenaan penyelenggara layanan publik dibidang kependudukan dan pencatatan guna dapat ditingkatkan lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Dalam diskusi dibahas rancangan kebijakan, penerapan kebijakan, dampak kebijakan, evaluasi pelaksanaan kebijakan.

Kepala Disdukcapil Ismail menjelaskan yang terlibat dalam FKP yakni, Penyelenggara Layanan Publik, Pengguna Layanan Publik, Stakeholder Pelayanan, Ahli Praktisi, Organisasi Masyarakat Sipil dan Media Massa.

"Semoga Forum Konsultasi Publik yang dilaksanakan dapat menerima masukan, saran dan usulan sehingga kedepannya dapat dirumuskan kebijakan pelayanan administrasi kependudukan yang semakin lebih memberikan kemudahan, solutif, transparan dan akuntabel," kata Ismail.

Ismail menambahkan berdasarkan Undang-undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik pasal 39 telah mengamanatkan bahwa setiap penyelenggara publik agar mengikutsertakan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Selanjutnya Ismail menambahkan urgensi dalam pelaksanaan forum konsultasi publik yakni, meningkatkan partisipasi masyarakat secara demokratis, peningkatan kualitas, akuntabilitas, dan transparansi penyelenggaraan pelayanan publik.

Masih kata Ismail, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkalis terus berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat, khususnya dalam bidang administrasi kependudukan.

"Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi salah satu fokus utama yang terus dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Bengkalis, guna memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, dan akurat kepada masyarakat, dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju Dan Sejahtera," kata nya.

Lanjut Ismail, Forum Konsultasi Publik diharapkan dapat memberikan input positif terhadap implementasi kebijakan administrasi kependudukan yang memiliki peranan penting dalam pelayanan publik, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik sesuai kebutuhan dan haknya.

FKP ini diikuti oleh Pengadilan Agama Bengkalis Rhezza Pahwi, Tokoh Masyarakat H Sofyan Said, Politeknik Negeri Bengkalis Selamat, STIE Bengkalis Mashuri.

Ketua PC IBI Bengkalis Safra Rita, Dinas PMD Renaldi, Dinas Sosial Arie Pranata, Bahtera Melayu Khairul Saleh, Kemenag Bengkalis H Rusli, DPPPA Ediyanto, STAIN Bengkalis Ade Indra, UPT Capil Bengkalis Masadi, UPT Capil Bantan Hanest Rizaldi.

Tim Redaksi