Pencarian

Tingkatkan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa, Polbeng Gelar Workshop Penggunaan Mesin Bantuan PHR

BENGKALIS - Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) bekerja sama dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) sukses menyelenggarakan workshop penggunaan peralatan mesin bantuan PHR. 

Kegiatan ini berlangsung pada 17-20 September 2024 dengan menghadirkan narasumber dari PT Deprintz Sukses Sejahtera Surabaya. 

Workshop bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa dalam mengoperasikan berbagai peralatan produksi seperti mesin sablon baju, mesin pembuatan stiker, mesin pembuatan kemasan standing pouch, serta kotak kemasan.

Peserta workshop dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama diikuti oleh dosen pada tanggal 17-18 September, sedangkan tahap kedua diikuti oleh mahasiswa pada tanggal 19-20 September. Selama workshop, para peserta mendapatkan pelatihan intensif tentang cara penggunaan dan perawatan mesin-mesin tersebut.

Muhammad Arif, salah satu dosen mengatakan workshop yang dilaksanakan sangat bermanfaat terutama dalam mengasah keterampilan praktis. 

"Dengan adanya pelatihan ini, kami lebih siap dalam mengintegrasikan teknologi produksi ke dalam pembelajaran,” ujarnya.

Sementara itu, Mahasiwa Polbeng Sahdan, menyampaikan antusiasmenya terhadap pelatihan yang digelar.

“Pelatihan ini membuka wawasan kami tentang dunia industri, khususnya di bidang produksi kemasan dan sablon. Kami merasa sangat beruntung bisa belajar langsung dari ahlinya,” katanya.

Yunelly Asra, Ketua Rumah Kemasan A Bee Polbeng, juga menekankan pentingnya kerja sama ini. “Kami sangat berterima kasih kepada PHR atas bantuan peralatan ini. Mesin-mesin akan sangat berguna untuk mengembangkan UMKM di Bengkalis dan sekitarnya, serta memberikan peluang praktik nyata bagi mahasiswa.

Direktur Polbeng juga menyampaikan apresiasi kepada PT Pertamina Hulu Rokan. 

“Kami sangat berterima kasih kepada PHR atas Kerjsama dan dukungan selama ini. Dengan adanya mesin-mesin canggih ini, kami yakin kualitas pendidikan dan pelatihan di Polbeng akan semakin meningkat,” ujar Jhony Custer.

Sementara itu, Winda Damelia, Sr. Analyst Social Performance PHR menyatakan bahwa bantuan yang diberikan merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dan UMKM di wilayah operasional mereka melalui Program Kemitraan Perguruan tinggi. 

“Kami berharap peralatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing dosen, mahasiswa, dan UMKM Binaan PHR dan Polbeng,” ujarnya.

Workshop ini diharapkan mampu memberikan dampak positif yang signifikan, tidak hanya bagi civitas akademika Polbeng, tetapi juga bagi perkembangan industri UMKM yang ada di Provinsi Riau.

Tim Redaksi