Pencarian

Gelar Karya P5, Kadisdik Apresiasi SMAN 1 Bengkalis

BENGKALIS – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bengkalis memberikan apresiasi kepada pihak Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Bengkalis yang telah menggelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kamis 26 September 2024.

“Pada kesempatan itu, kami memberikan apresiasi kepada kepala sekolah dan majelis guru serta para pelajar yang telah menyiapkan gelar karya P5 ini. Kegiatan ini bertujuan membantu memperkuat karakter dan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila,” ungkap Kadisdik Bengkalis diwakili Sekretaris Muthu Saily, Kamis 29 September 2024.

Pada ajang gelar karya P5, berbagai hasil karya atau proyek yang telah dibuat oleh para siswa dipamer. Pelajar dididik untuk menjadi seorang enterpreunersip muda, dengan cara membuka lapak-lapak berjualan makanan dan jajanan.

Pada kesempatan itu, Muthu menekankan tentang pembelajaran akhlak pada para pelajar. Menurutnya, seorang yang pandai jika tidak memiliki akhlak yang baik, maka akan tidak akan memberikan manfaat yang maksimal. Namun jika seorang pelajar yang memiliki akhlak mulia, maka akan memberikan manfaat besar bagi dirinya dan orang di sekitarnya.

Mantan Camat Bantan ini, menyinggung aksi viral tentang perundungan atau bully yang dilakukan anak putus sekolah usia di bawah umur terhadap pelajar. Untuk itu, Muthu mengajak seluruh pelajar agar mencegah terjadinya aksi bully. 

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Bengkalis Nurhadi, mengatakan gelar karya bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap hasil pembelajaran dan kreativitas siswa. Dalam acara ini, siswa dapat menunjukkan proyek-proyek mereka yang berkaitan dengan berbagai tema, seperti seni budaya, makanan-minuman tradisional dan lainnya.

“Intinya, gelar karya juga membantu memperkuat karakter dan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila,” ungkap Nurhadi. 

Ditambahkan Nurhadi, ke depan dalam gelar Karya P5 ini, tidak hanya memamerkan karya dan produk dari pelajar SMAN 1 Bengkalis. Namun pihaknya akan memberikan kesempatan kepada lembaga dan institusi untuk ikut berpartisipasi.

“Insya Allah, ke depan, kami akan mengundang perguruan tinggi maupun lembaga lain di Kabupaten Bengkalis untuk ikut berpartisipasi. Pada ajang ini, perguruan tinggi bisa promosi, sehingga pelajar tertarik,” ungkapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, selain Sekretaris Disdik Muthu Saily, juga hadir Ketua Komite SMAN 1 Bengkalis, Awaluddin Hasibuan, Sekretaris Dinas Kominfotik Adi Sutrisno, dan orang tua wali murid. 

Meski sepanjang acara diguyur hujan, namun acara tetap berlangsung dan meriah. Para pelajar tetap semangat menampilkan seni budaya yang bernuansa nusantara. #DISKOMINFOTIK 

Tim Redaksi