Menu Biang Gembira, Hantarkan Bengkalis Juara Tiga Lomba Pangan Lokal B2SA Tingkat Provinsi Riau

PEKANBARU - Kabupaten Bengkalis berhasil memperoleh juara tiga, pada Festival Lomba Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Riau Kamis, 12 September 2024.

Diselenggarakan di Gedung Wanita Provinsi Riau, TP-PKK Kabupaten Bengkalis menampilkan menu andalan Biang Gembira terdiri dari bija mie (ubi jalar mie), parang comel, krim sup kundur, tempe hitam manis dan buah semangka.

Negeri Junjungan kembali mempertahankan juara tiga dengan mengalahkan Kabupaten Siak, Pelalawan, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Kuansing dan Kabupaten Rokan Hulu.

Sementara juara pertama di raih Kota Dumai dan juara dua diraih Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini dibuka langsung Pj. Gubernur Riau, diwakili Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Syahfalefi didampingi Kepala Perangkat Daerah Provinsi Riau, Pj. Ketua TP-PKK Provinsi Riau Zuliana Rahman Hadi, Ketua DWP Provinsi Riau Adrias Hariyanto dan para peserta Lomba Pangan Lokal B2SA tingkat Provinsi Riau.

Festival ini diikuti oleh 9 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau dengan menampilkan beragam olahan pangan lokal dengan tema Edukasi Pangan Lokal "Kenyang Tidak Harus Nasi, Sehat Bahagia dengan Pangan Lokal".

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Syahfalefi berharap melalui kegiatan ini dapat mengedukasi masyarakat untuk meningkat sumber pangan berbasis sumber daya lokal dalam menghasilkan sumber daya manusia berkualitas terutama untuk masyarakat Provinsi Riau.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis, Siti Aisyah memberi dukungan penuh kepada peserta binaan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis dengan turut hadir dan menyaksikan langsung ke lokasi acara.

Siti Aisyah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada para peserta yang telah berjuang secara maksimal, untuk menampilkan hasil yang terbaik guna membawa nama baik Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis di kancah Provinsi Riau.

"Alhamdulillah, berkat usaha dan kerjasama peserta lomba, Kabupaten Bengkalis sekali lagi berhasil menoreh prestasi dalam pengolahan menu B2SA. Kami selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis mengucapkan selamat dan tahniah atas prestasi yang diraih. Semoga ke depan kita bisa meningkatkan lagi prestasi yang diraih atau paling tidak bisa mempertahankan gelar juaranya,” ungkap Siti Aisyah.

Terlepas dari itu sambung Siti Aisyah, meskipun belum bisa mengantar Kabupaten Bengkalis ke tingkat nasional, namun kerja keras dan usaha tim TP PKK Kabupaten Bengkalis patut diacungi jempol.

“Tidak mudah menyisihkan 9 peserta yang terdiri dari Kabupaten/kota se-Provinsi Riau dengan beragam kreasi dan inovasi masing-masing daerah. Untuk itu selaku Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, kita patut berbangga dengan hasil yang sudah kita raih, Jadikan ini sebagai motivasi untuk terus berkarya menciptakan menu-menu baru yang berasal dari bahan dasar lokal, sehingga dapat menjadi salah satu alternatif menu utama pada perlombaan lainnya,” pungkas Siti Aisyah.

Turut mendampingi Ketua TP.PKK Kabupaten Bengkalis Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis, Susy Hartati, Wakil Ketua III TP-PKK Kabupaten Bengkalis, Ira Vandriyani Ersan dan anggota Pokja III TP-PKK Kabupaten Bengkalis. #DISKOMINFOTIK