Polbeng Bekali Lulusan Dengan Menggelar Seminar Kewirausahaan

BENGKALIS - Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menggelar kegiatan seminar pengembangan karir dan kewirausahaan bagi mahasiswa semester akhir yang akan segera memasuki dunia kerja, Kamis, 5 September 2024 di Gedung Cik Puan Bengkalis.

Adapun tema yang diusung yakni “Trik Sukses Wawancara Kerja”. 

Kegiatan yang dilakanakan oleh UPA (Unit Penunjang Akademik) Karir dan Kewirausahaan Polbeng menghadirkan Narasumber Wildon Arbentua yang merupakan Human Resource Departement (HRD) PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP).

Dalam pemaparannya Wildon menyampaikan wawancara kerja merupakan proses interaksi antara pelamar kerja dengan pihak perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kualifikasi, pengalaman, dan kepribadian calon karyawan. 

"Dalam wawancara, pewawancara biasanya mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur sejauh mana kesesuaian antara keterampilan dan karakteristik yang dimiliki oleh pelamar dengan kebutuhan perusahaan," katanya.

Lebih lanjut HRD IKPP menjelaskan dalam seminar dibahas terkait hal-hal yang harus dipersiapkan pada waktu mengikuti proses recruitment di perusahaan. Diantaranya bagaimana persiapan sebelum interview, cara mengatasi stres pada waktu interview dan cara menjawab pertanyaan saat interview.

Kegiatan diikuti lebih kurang sekitar 665 mahasiswa dibuka langsung oleh Direktur Polbeng Johny Custer. 

Johny berharap kedepannya mahasiswa dapat memilih dan memilah ilmu dari narasumber. 

"Dengan adanya seminar ini diharapkan calon-calon lulusan dapat memetik manfaat yang diberikan oleh narasumber dan memiliki bekal untuk mendapatkan karier di dunia industri yang semakin ketat," kata Johny.

Johny menambahkan selain memiliki ilmu sesuai bidang keilmuanya lulusan juga memerlukan attitude/ sikap yang baik dan berakhlak mulia agar dapat diterima oleh dunia kerja.

Sementara itu Jefri Lianda selaku Ketua UPA karier dan kewirausahaan Polbeng mengatakan, seminar karir dilaksanakan sebagai salah satu upaya kampus dalam menyiapkan mahasiswanya menggapai karir yang gemilang seraya mengikuti perkembangan teknologi masa kini. 

"Dalam kegiatan ini mahasiswa diharapkan nantinya memiliki wawasan, pembekalan untuk terjun ke dunia kerja, attitude, baik saat akan bekerja dan setelah bekerja pasca lulus dari kuliah," katanya.