Pimpinan Apel Senin, H. Bustami HY Pamitan Memasuki Masa Pensiun

Teks foto: Pimpinan Apel Senin, H. Bustami HY Pamitan Memasuki Masa Pensiun.

BENGKALIS  - Suasana berbeda dan haru saat pelaksanaan apel Senin di halaman kantor Bupati Bengkalis, Senin 9 September 2024. Pasalya, saat itu pimpinan apel, H. Bustami HY Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, beliau pamitan di hadapan peserta apel.

Saat pertama kali menyampaikan pengarahan, mantan Sekerataris Daerah Bengkalis ini, memberikan apresiasi kepada seluruh peserta apel. Bahkan apresiasi istimewa, diarahkan kepada pasukan korsik Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bengkalis, yang selama setia mengiringi musik pelaksanaan apel.

“Hari ini merupakan hari berbahagia dan istimewa bagi saya pribadi. Karena pada hari ini, usia saya genap 60 tahun (lewat dua hari). Pengabdian saya sebagai aparatur sipil negara selama 39 tahun 9 bulan. Untuk itu pada momentum ini saya ingin berpamitan,” ungkap mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bengkalis ini.

Selama hampir 40 tahun sebagai abdi negara dan masyarakat, suami dari Akna Juwita ini bertugas di Kabupaten Bengkalis selama 32 tahun, sedangkan di Kabupaten Kampar selama 5 tahun dan Pekanbaru selama 2 tahun. Pada masa pensiun, pria yang lahir pada 7 September 1964 ini, mengemban pangkat tertinggi yakni Pembina Utama (IV/e).

“Selama mengabdi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengaklis yang dimulai dari staf biasa hingga puncak karier sebagai PNS, tentu banyak kesalahan dan silap, saya mohon maaf. Tidak hanya, tunjuk ajar, saran dan nasehat yang disampaikan, kami ucapkan terima kasih,” ungkap mantan Sekda ini.  

Bustami HY bernostalgia ketika pertama kali menjadi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada 1 Maret 1986, atau bersamaan beroperasinya (pemakaian) kantor bupati. Saat itu, pangkat golongan adalah pengatur muda (II/a), dipercaya sebagai pembantu bendahara gaji.

Selanjutnya, kurang lebih 13 belas tahun kemudian, tepatnya 12 Mei 2000, pria berjenggot ini, dipercaya sebagai Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis.
 
Kemudian, 6 tahun 4 hari setelah menjadi Kepala Sub Bagian Rumah Tangga Bagian Umum, lulusan Sekolah Dasar Negeri 2 Rumbio Jaya tahun 1979 ini, tepatnya 16 Juni 2006, diberi amanah sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis oleh Bupati Bengkalis yang waktu itu dijabat H Syamsurizal.
 
Sebagai Kepala Bagian Umum, tamatan SMP Negeri Rumbio Jaya (1982) tak begitu lama. Hanya setahun 10 hari. Sebab, pada 26 Juni 2007, Bustami HY, kembali ke tanah kelahirannya, Kabupaten Kampar, dipercaya sebagai Kepala Bagian Keuangan di Sekretariat Daerah.
 
Setelah sekitar 5 tahun menjadi Kabag Keuangan, selanjutnya alumni Universitas Lancang Kuning Pekanbaru jurusan Hukum Keperdataan ini, dipromosikan sebagai Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kampar, terhitung mulai 15 Maret 2012.
 
Lalu, sekitar 9 bulan kemudian, tetapnya 27 Desember 2012, lelaki berkacamata yang ramah dan murah senyum ini, dimutasi sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan. Masih di Pemerintah Kabupaten Kampar.

Dari kabupaten dengan ibukota Bangkinang ini, selanjutnya 4 April 2014, H Bustami HY pindah ke Pemerintah Kota Pekanbaru, dipercaya sebagai Kepala BPKAD.
 
Setelah kurang lebih 8 tahun melanglang buana dan mengabdi di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru, pada 26 Oktober 2015, H Bustami HY dipercaya sebagai Kepala Bagian Keuangan tepat di hari terakhir Agustur 2016

Setelah itu, tepatnya 9 Januari 2017, dilantik sebagai Sekretaris BPKAD sekaligus sebagai Pelaksana Kepala BPKAD Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya Rabu 18 Februari 2018, Bustami HY dilantik sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis oleh Bupati Amril Mukminin.

Selama perjalanan menjabat Sekretaris Daerah, ternyata alumni SMA Negeri Simpang Tiga Pekanbaru (1985) ini, dipercaya sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis  pada 11 Maret 2020.

Selama mengabdi di Kabupaten Bengkalis, Bustami pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Masjid Agung Istiqomah, Ketua Umum LPTQ, dan Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bengkalis (hingga saat ini).

Selamat jalan pak Bustami HY, kami akan selalu teringat senyum khas mu, suara lembut mu. Semoga tetap sukses selalu. #DISKOMINFOTIK.