Bekerjasama dengan Polres Bengkalis, Baznas Bakal Gelar Diksar Gratis Bagi Satpam Muslim

BENGKALIS - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Polres Bengkalis, melakukan kerjasama untuk menggelar Pendidikan Dasar (Diksar) bagi para calon ataupun petugas Satuan Pengamanan (Satpam) atau security.

Kerjasama ini ditandai dengan menandatangani nota kesepakatan oleh Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro dan Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis, Ismail, di Kantor Baznas, Selasa, 27 Agustus 2024.

"Program Diksar ini akan kita lakukan secara gratis khusus kepada peserta yang tergolong ke dalam asnaf yang delapan. Karena ini merupakan salah satu bentuk penyaluran muzakki ke Baznas Bengkalis," ujar Ketua Baznas Bengkalis, Ismail.

Beliau juga menjelaskan bahwa, peserta yang mendapatkan Diksar ini nantinya terlebih dahulu akan diverifikasi sesuai dengan ketentuan mustahik atau penerima yang telah ditentukan.

"Kuota untuk tahap awal ini dari Baznas  menyiapkan sebanyak 50 orang. Dan bagi masyarakat yang ingin ikut, agar dapat mendaftarkan diri ke Baznas. Kemudian nanti akan kita lakukan verifikasi apakah calon peserta memenuhi ketentuan sebagai seorang mustahik," sebutnya.

Ismail juga menjelaskan, bantuan berbentuk Diksar ini dilakukan adalah salah satu langkah dalam menyalurkan zakat yang diamanahkan ke pada Baznas sesuai asnaf yang diharapkan menjadi sebab produktivitas penerima semakin baik, sehingga mampu memiliki kompetensi dalam membangkitkan ekonomi.

Terhadap waktu pelaksanaan, Ketua Baznas Bengkalis menyebutkan akan dilakukan di 2024 tahun ini. Namun kepastian tanggal dan bulannya akan diinformasikan dikemudian hari, setelah segala sesuatu mengenai kesiapannya tuntas dilakukan.

Sementara itu, Kapolres Bengkalis, AKBP Setyo Bimo Anggoro menyebutkan, bahwa kerjasama yang dilakukan ini dapat memberikan dampak positif, khususnya bagi tenaga pengamanan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Bengkalis untuk melakukan kerjasama ini. Tentunya kita dari Polres Bengkalis akan tetap bersinergi untuk menjaga daerah ini, khususnya lewat program Diksar Satpam yang kita rencanakan ini," sebut Kapolres Bengkalis.

Beliau juga menerangkan, bahwa sebagai seorang Satpam, sangat perlu mendapatkan Diksar untuk bekal menjalankan tugas pengamanan. Dan mereka merupakan bagian dari mitra kepolisian untuk menjaga dan menghindari tindak kriminalitas yang terjadi dilingkungan kerjanya.

"Kita ketahui biaya Diksar itu jika diikuti perorangan sangat besar. Maka lewat kerjasama ini melalui Baznas dan Polres Bengkalis, sehingga dapat meringankan petugas Satpam dan mendapatkan sertifikat yang resmi," tutupnya.

Dikesempatan itu, Baznas Kabupaten Bengkalis juga melakukan penandatanganan kerjasama bersama BRI, BSI, Mandiri dan RRI Bengkalis sebagai lembaga kemitraan.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kasat Bimas Polres Bengkalis, AKP Hardiyanto, Wakil Ketua I Baznas, Risman Hambali, Wakil Ketua II Baznas, Edi Suyanto, Kepala Cabang BSI, Ilham Khalid, Kepala Cabang BRI, Mulkan, Kepala Cabang Bank Mandiri, M Rizki Dwi Anugrah dan Koordinator RRI Pro 1 Bengkalis, T S Muhammad Iqbal.