Pencarian

LKP Seroja Sukses Gelar Pelatihan Keterampilan Tatarias Pengantin Muslim dan Kerajinan Hantaran

BENGKALIS - Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Seroja sukses menggelar Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tahun 2024 dengan jenis keterampilan Tatarias Pengantin Muslim dan Kerajinan Hantaran.

Penutupan PKW dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis. Jum'at, 9 Agustus 2024. Dihadiri Kepala Bidang PAUD dan PNF Disdik Maryana, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter PAUD dan Pendidikan Non Formal Mardiana, Tokoh UMKM dari Roemah Pengantin Fitri dan Pimpinan LKP Seroja Titin Agustina.

Pimpinan LKP Seroja Titin Agustina mengungkapkan, PKW ini adalah program dari Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Pelaksanaannya adalah LKP Seroja bekerjasama dengan UMKM Ayla Decoration, Roemah Pengantin Fitri, Lembaga Permodalan BRI unit Bengkalis Kota dan Platform Digital Soodu.id.

"Kegiatan ini kami laksanakan selama 42 hari diikuti 30 peserta didik dengan 250 jam pelajaran. Materi yang disampaikan antara lain pengembangan karakter kewirausahaan dan pengembangan rintisan usaha," ungkap Titin.

Titin berharap kegiatan ini terus berlanjut sehingga masyarakat memiliki kesempatan untuk belajar. Usai pelatihan, peserta didik akan didampingi untuk merintis usaha selama 3 bulan kedepan.

"Jangan puas dalam belajar, terus kembangkan kemampuan dan praktekkan ilmu yang didapatkan selama pelatihan," ucap Titin.

Kabid PAUD dan PNF Disdik, Maryana mengucapkan terima kasih kepada LKP Seroja karena telah memasukkan keterampilan kearifan lokal dalam materi pelatihan.

Menurut Maryana, pelatihan ini memberikan kesempatan yang baik bagi peserta didik, karena dapat membuka usaha baru, untuk menambah taraf ekonomi kehidupan.

"Kembangkan kompetensi yang dibekali ini untuk membuka usaha baru. Dalam pelatihan ini adik-adik bukan hanya sekedar terampil tetapi juga dipersiapkan mental sebagai seorang wirausaha, mental berani mencoba dan tidak takut gagal dan fokus terhadap usaha. Selain itu jangan lupa juga cermat merancang biaya usaha. Selamat mencoba berusaha semoga berhasil," pungkasnya.#DISKOMINFOTIK

Tim Redaksi