Buka MTQ Ke-35 Bukit Batu, Bupati Kasmarni Berpesan Generasi Muda Harus Mampu Menjadi Pelopor dan Berjiwa Qur’ani

Teks foto: Bupati Bengkalis Kasmarni resmi membuka MTQ ke-35 tingkat Kecamatan Bukit Batu 2024.

BUKTI BATU - Bupati Bengkalis Kasmarni berpesan kepada seluruh generasi muda Kecamatan Bukit Batu harus mampu menjadi pelopor dan berjiwa qur’ani.

Pesan itu disampaikan saat membuka perhelatan MTQ ke-35 tingkat Kecamatan Bukit Batu, Jumat 26 Juli 2024, di halaman Kantor Camat Bukit Batu.

Pembukaan MTQ, ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Bengkalis Kasmarni bersama Wakil Bupati H. Bagus Santoso, Sekretaris Daerah Bengkalis H. Ersan Saputra TH, anggota DPRD Bengkalis Zuhandi, Camat Bukit Batu Acil Esyno dan para Forkompincam Kecamatan Bukit Batu.

Kasmarni berharap melalui pelaksanaan MTQ ini, hendaknya menjadi sarana bagi generasi muda Islam Kecamatan Bukit Batu, untuk memperkuat keimanan dan ketaqwaan, dalam mendorong terciptanya generasi bermarwah, unggul, produktif dan qur’ani.

Selanjutnya Bupati menyampaikan, saat ini Kabupaten Bengkalis sudah bergerak maju, berbagai prestasi telah diraih, serta telah terlaksananya delapan program unggulan daerah maupun program pembangunan lainnya, baik yang berkaitan dengan pelayanan dasar, maupun pembangunan infrastruktur. Seperti program bantuan keuangan khusus satu miliar satu kecamatan, satu kelurahan dan satu desa.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, dalam kurun waktu dua tahun (2022-2023) lebih dari 120 km jalan desa yang telah terbangun, terdapat 1.876 unit rumah masyarakat kurang mampu yang telah direhab, terwujudnya peningkatan kualitas SDM bagi kaum perempuan, layanan sosial yang semakin baik di desa, pembinaan mental spritual yang semakin baik dengan adanya penyuluh agama di desa, serta terfasilitasinya berbagai kegiatan kepemudaan dan banyak hal lainnya yang dapat dinikmati masyarakat secara langsung, termasuk juga terbukanya lapangan pekerjaan di desa.

Begitu juga program akses jaminan sosial dan kesehatan bagi masyarakat, tambah Kasmarni salah satu diantaranya dengan memberikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan 100 persen bagi non ASN dan kepada 24.000 orang pekerja rentan seperti buruh, petani, peternak, nelayan yang ada di daerah ini.

"Pada tahun 2024 ini, kami akan kembali mengalokasikan anggaran untuk Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada 10.000 pekerja ekosistem sawit yang ada di daerah ini,"jelasnya.

Selanjutnya Bupati katakan, melalui program Jaminan Kesehatan, semuanya telah dipermudah, masyarakat cukup membawa KTP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

"Saya sudah menginstruksikan Dinas Kesehatan Bengkalis, agar pada tahun 2024 ini, setiap puskesmas yang ada di desa, untuk menerapkan pelayanan 24 jam kepada masyarakat,"tegas Bupati.

Sementara untuk program pendidikan, selain sekolah gratis, Bupati juga menyediakan beasiswa bagi peserta didik. Dan program keagamaan, juga telah menyediakan beasiswa tahfidz qur’an, bantuan honor guru madrasah, pembangunan rumah ibadah serta kegiatan-kegiatan lainnya.

"Sesuai dengan komitmen kami, untuk program infrastruktur, secara bertahap akan terus kita laksanakan, khusus pada tahun anggaran 2024 ini, kami telah menganggarkan berbagai kegiatan strategis kabupaten yang ada di Kecamatan Bukit Batu,"ujarnya.

Begitu pula terkait pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera, sebagai wujud komitmen dalam meningkatkan akses mobilitas masyarakat, yang tentunya akan berdampak besar nantinya pada peningkatan daya saing daerah di sektor ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, transportasi, perdagangan, pariwisata dan budaya di daerah ini.

"Kami bersama Pemerintah Provinsi Riau akan terus menggesa pembangunan jembatan yang menjadi idaman masyarakat. Alhamdulillah, semua persyaratan pembangunan jembatan telah terpenuhi, dan sekarang, kita telah masuk dalam proses pelaksanaan, sembari menunggu skema pendanaan pemerintah pusat," lanjut Bupati.

Sambungnya lagi, apa yang dilakukan selama ini, semata-mata atas dasar niat mulia, guna memantapkan kualitas SDM, infrastruktur dan perekonomian masyarakat, agar daerah ini menjadi lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera.

"Apa yang telah kita programkan, dan kita bangun serta kerjakan, akan terus berlanjut dalam fase Bermasa yang berkelanjutan. Dan kami optimis, semua itu dapat kita wujudkan, apabila adanya dukungan, do’a serta sinergitas dari seluruh elemen masyarakat Kecamatan Bukit Batu,"ajaknya.

Pada kesempatan itu Bupati Bengkalis Kasmarni menyerahkan sejumlah bantuan dari Baznas Kabupaten Bengkalis.

Tampak hadir, Asisten I Setda Bengkalis, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis, Ketua DWP Bengkalis serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis serta undangan terhormat lainnya.#DISKOMINFOTIK.