Bupati Kasmarni Buka MTQ VI Kecamatan Bathin Solapan, 13 Kafilah Siap Bermusabaqoh

BATHIN SOLAPAN - Bupati Bengkalis Kasmarni membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-6 tingkat Kecamatan Bathin Solapan, Senin, 22 Juli 2024 malam.

Pembukaan MTQ yang diikuti 13 kafilah dengan jumlah 292 peserta ini berlangsung di halaman Kantor Camat Bathin Solapan dan menghadirkan qori jemputan, Muhammad Najmi Alvaro, Juara 1 MTQ Internasional Qatar 2024.

Bupati Kasmarni berharap, pelaksanaan MTQ ini menjadi sarana memperkuat komitmen menjadikan Al Qur’an sebagai tempat berkonsultasi dan sebagai suluh dalam kehidupan, agar sendi-sendi kehidupan masyarakat Kecamatan Bathin Solapan senantiasa mencerminkan nilai-nilai, yang terkandung di dalam Al Qur’an.

Lebih jauh Kasmarni menjelaskan, sendi-sendi kehidupan masyarakat Qur’ani  dapat dibentuk dari tiga aspek utama, pertama adalah hati, kedua adalah akal, dan  yang ketiga adalah fisik. 

"Ketika hati, akal dan aktivitas fisik kita senantiasa di bawah bimbingan Al Qur'an, maka akan lahir lisan dan lidah Qur’ani, kaki dan tangan Qur’ani, serta akan lahir pula masyarakat dan generasi Qur’ani," ungkapnya.

Kepada Kafilah MTQ, Bupati mengucapkan selamat bermusabaqah, tunjukkan kemampuan semaksimal mungkin. "Kalah atau menang hal yang biasa, tapi yakinlah, bahwa hikmah membaca, mentadabburi serta mengimplementasikan nilai-nilai Al Qur’an jauh lebih besar dari status kalah atau menang itu sendiri," pungkasnya.

MTQ ini akan berlangsung selama 6 hari mulai tanggal 22-28 Juli 2024, pembukaannya semakin semarak dengan penampilan tari kolosal dan keberadaan 13 stand bazar yang menampilkan berbagai macam olahan makanan dan minuman.

Ikut mendampingi Bupati dalam kegiatan ini, Sekda Ersan Saputra TH, Anggota DPRD Bengkalis Dapil Bathin Solapan, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Ketua DWP Kabupaten Bengkalis dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Bengkalis.#DISKOMINFOTIK