Jelang Evaluasi SAKIP, Kepala PD Se-Kabupaten Bengkalis Mantapkan Persiapan

PEKANBARU - Menjelang evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Bengkalis tahun 2024 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) esok hari, Kepala Perangkat Daerah (PD) dan Camat Se-Kabupaten Bengkalis memantapkan persiapannya dengan melaksanakan briefing sekaligus paparan mandiri Rabu malam, 17 Juli 2024.

Kegiatan yang dilakukan di aula Hotel Jatra Pekanbaru itu dipimpin Sekretaris Daerah Bengkalis Ersan Saputra, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Johansyah Syafri, Inspektur Daerah Bengkalis Radius Akima dan Kepala Bappeda Bengkalis Rinto.

Selain itu, turut serta dan memberikan masukkan pada presentasi Kepala Perangkat Daerah tersebut Tim teknis SAKIP Kabupaten Bengkalis.

Dalam evaluasi SAKIP oleh KemenPAN-RB nantinya, diungkapkan Sekda Bengkalis bakal berkaitan dengan tiga isu strategis, diantaranya pengentasan kemiskinan, prevalensi stunting, serta peningkatan investasi.

Adapun presentasi evaluasi SAKIP tersebut dilakukan oleh masing-masing Kepala Perangkat Daerah dengan durasi 10 menit.

Diungkapkan Ersan Saputra, pertemuan ini sangat penting, berkaitan dengan penilaian capaian kinerja daerah.

Untuk diketahui, pada tahun 2022, Kabupaten Bengkalis mendapatkan nilai 67,44, dan tahun 2023 mendapat nilai 68,05 dengan level predikat B.

“Keinginan Bupati Bengkalis, capaian target akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sebagaimana telah kita tuangkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Bengkalis sebesar 70,01 atau dengan nilai BB, harus bisa kita wujudkan,” tergas Ersan.

Oleh karena itu, Ersan berharap Kepala Perangkat Daerah wajib mengetahui kinerja organisasinya. memahami seluk beluk organisasi terutama target dan capaian kinerjanya. #DISKOMINFOTIK