Buka Workshop Pengukuran Kinerja Sicakeb, Bupati Tegaskan Nilai BB Tercapai

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Johansyah Syafri buka Workshop Pengukuran Kinerja Menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Capaian Kinerja Bengkalis (Sicakeb), Senin, 8 Juli 2024 di lantai IV Kantor Bupati Bengkalis.

Kegiatan yang dilaksanakan Bagian Organisasi Setda Bengkalis tersebut, merupakan salah satu upaya untuk mengoperasionalkan aplikasi baru berbasis digital, yang telah dirancang khusus guna mengukur kinerja atau rencana aksi terkait capaian target akuntabilitas kinerja dari masing-masing perangkat daerah secara real time.

Johan menyampaikan bahwa saat ini penggunaan aplikasi Sicakeb menjadi nilai tambah kita dalam penilaian Sakip masing-masing perangkat daerah dan Sakip Kabupaten Bengkalis secara umum.

“Kepada masing-masing perangkat daerah untuk dapat melakukan penginputan data sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika ada perangkat daerah yang tidak melakukannya, berarti perangkat daerah tersebut kami nilai tidak mendukung program Pemerintah Kabupaten Bengkalis,” ujar Johan.

Aplikasi Sicakeb merupakan salah satu wujud komitmen kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berbasis kinerja, agar melalui aplikasi ini, capaian target akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Bengkalis, pungkasnya.

“Dalam dokumen RPJMD Kabupaten Bengkalis sebesar 70,01 atau dengan nilai BB, harus bisa kita capai. Ingat, capaian kinerja ini adalah “Marwah Diri” kami sebagai Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,” tegas Johan.

Kepada narasumber diharapkan bisa memberikan bimbingan dan koreksi kepada peserta workshop terkait pengisian Sicakeb agar bisa menjadi kabupaten pertama di Riau yang mendapat predikat Sakip BB nantinya.

Turut hadir Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Mohd. Amru Herawza, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Yoan Dema, Sekretaris Diskominfotik Bengkalis Adisutrisno.