Pencarian

Cegah Kenakalan Remaja, Dosen dan Mahasiswa STAIN Gelar Sosialisasi di SMAN 5 Bengkalis

BENGKALIS -  Dosen dan Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama Jurusan Dakwah dan Komunikasi, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Bengkalis, melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), sebagai salah satu penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk Penyuluhan dan Sosialisasi Patologi Sosial dengan topik Kenakalan Remaja, Seks Bebas, Narkoba, Kemiskinan, Pengangguran, dan Prostitusi, di SMAN 4 Bengkalis, Desa Sebauk , Kamis, 13 Juni 2024.

Dosen Pembimbing pada Kegiatan PKM tersebut, H Imam Hakim menyebutkan bahwa saat ini semakin marak masalah sosial dengan fenomena kemunculannya banyak terjadi di kalangan remaja dan bahkan siswa.

"Sehingga hal tersebut menjadi dorongan kita bersama mahasiswa untuk melakukan kegiatan nyata dalam bentuk sosialisasi sekaligus penyuluhan kepada kalangan remaja yang secara psikologis masih dalam pencarian jati diri dan kita rasa sangat perlu dilakukan pembimbingan dan pengarahan," ujar Imam Hakim.

Beliau juga menjelaskan bahwa sebagai orang yang berada dikalangan remaja, siswa/siswi SMA masih berada di masa pubertas dengan tingkat keingintahuan yang cukup tinggi. 

Diyakini kalangan remaja acap kali gemar meniru serta tidak jarang membentuk kelompok atau circle-circle yang kadang kala menjerumuskan mereka kepada pergaulan bebas dan kenakalan remaja.

"Akibat dari pergaulan yang salah, akhirnya memunculkan kenakalan remaja yang menjadi gerbang masuknya pemikiran salah, sehingga terjadilah seks bebas, terjerumus narkoba dan termasuk juga terjadinya prostitusi," ujar Dosen STAIN Bengkalis, H Imam Hakim dihadapan mahasiswa/mahasiswi, siswa/siswi SMAN 4 Bengkalis.

Atas terselenggaranya kegiatan ini, Kepala Sekolah SMAN 4 Bengkalis, diwakili Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Farida Hayati mengucapkan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa STAIN Bengkalis yang telah turut memberikan perhatian dan kepedulian terhadap pergaulan remaja melalui kegiatan tersebut.

"Apalagi topik yang dibahas berkait erat dengan perilaku yang tidak jarang terjadi pada usia remaja, termasuk pelajar dan juga mahasiswa. Kami bersyukur dan berterima kasih atas hadirnya dosen dan mahasiswa STAIN Bengkalis yang ikut memerankan dan mengenalkan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat kepada siswa/siswi SMAN 4. Dan semoga anak-anak kita semuanya bisa dijauhkan dari kenakalan remaja, seks bebas, narkoba dan prostitusi serta kegiatan kegiatan negatif lainnya," sebut  demikian pungkasnya.

Kegiatan yang berlangsung satu hari dengan penuh semangat dan antusias ini diikuti sekitar 30 orang siswa/siswi kelas XI SMAN 4 Bengkalis. Penyuluhan dan sosialisasi ini juga turut dilakukan penyerahan secara simbolik sertifikat dan piagam ucapan terima kasih kepada Kepala Sekolah.

Tim Redaksi