Launching Sekolah Lansia Insan Ghofur Rahim, Aksi Nyata Pemkab Bengkalis Wujudkan Lansia Berdaya

BENGKALIS - Bupati Bengkalis diwakili Wabup Bagus Santoso launching Sekolah Lansia Ghofur Rahim di Balai Pertemuan Desa Selatbaru Kecamatan Bantan, Kamis 13 Juni 2024.

Sekolah Lansia Insan Ghofur Rohim tersebut merupakan aksi nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dalam mewujudkan lansia yang berdaya demi Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera (BERMASA).

Dalam sambutannya, Bupati Bengkalis Kasmarni yakin dengan berdirinya sekolah lansia ini akan menjadi salah satu wadah dalam membentuk lansia tangguh dan mandiri.

“Untuk itu, kami minta kepada pihak terkait sekolah ini bukan hanya sekedar berdiri dan diresmikan tetapi juga progres programnya juga harus terus berkembang dan semakin baik,” ungkapnya.

Sekolah lansia sebagai wujud dan bentuk kepedulian, perhatian dan penghormatan Pemkab Bengkalis terhadap lansia sehingga momentum peluncuran sekolah ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah lansia di masa depan.

“Harapan kami melalui pembentukan sekolah lansia,  lansia Kabupaten Bengkalis, khususnya lansia yang menjadi siswa sekolah ini, harus menjadi lansia  yang tangguh, mandiri, sehat,aktif, energik  produktif dalam kehidupan, karena ini adalah salah satu upaya untuk  menjaga eksistensi bangsa ini, orang tua yang sudah berusia lanjut adalah sumber nasehat  dan restu sehingga harus dihormati dan harus  mendapatkan perhatian, kepedulian dan                                                      kebahagiaan terutama dari lingkungan dan keluarga,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Hambali menjelaskan jumlah siswa belajar dalam Sekolah Lansia Insan Ghofur Rahim berjumlah 40 orang.

“Waktu pembelajaran sekolah lansia ini selama satu tahun, terdiri dari 12  kali pertemuan, tempat belajar digedung Balai Pertemuan Desa Selatbaru. Dengan fasilitator terdiri  dari Perangkat Daerah KB, unsur Kesehatan (Puskesmas Selatbaru), Dinas Sosial, akademisi, PKK dan relawan yang membidangi masalah lansia,” kata Hambali.

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ed Efendi, Ketua PKK Kabupaten Bengkalis Siti Aisyah, Kepala Dinas (Kadis) Kominfotik Suwarto, Kadis Ketahanan Pangan Susy Hartati, Kadis Lingkungan Hidup Basuki Rakhmad, Sekretaris Dinas Perkebunan Dahen Tawakal, Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Zamri, Camat Bantan Rafli Kurniawan, Kepala UPT Puskesmas Selatbaru Sri Rezeki. #DISKOMINFOTIK