Majlis Organisasi Mahasiswa (MPM) Politeknik Negeri Bengkalis Gelar Oraganization Financial

BENGKALIS - Majlis Organisasi Mahasiswa (MPM) Politeknik Negeri Bengkalis mengadakan seminar sehari tentang Oraganization Financial Forum yang tema nya “ Strategi Peningkatan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Organisasi ” Seminar tersebut di laksanakan Sabtu 11 Mei 2024 bertempat di Gedung Teknik Informatika Polbeng.

Menurut ketua panitia kegitan ini berkat kerjasama tim daalam Menyusun program kegiatan yang di nahkhodai oleh Majlis Perwakilan Mahsiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa di kampus. Kegiatan ini di laksanakan sehari dari pukul 08.30 sampai selesai. dan yang acaranya di buka oleh bapak Khairul Saleh,SH.MH dosen politeknik Bengkalis.serta sebagai narasumber adalah Bapak M Firadus,SE,MSi sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Bengkalis,ucap Fatur Akbar sebagai ketua panitia pelaksana.

 Kemudian ketua Majlis Perwakilan Mahsiswa (MPM) Dewi Anjani menyampaikan bahwa kegiatan ini melibatkan semua ormawa atau organisasi kampus sebagai peserta dalam seminar ini.

Kemudian dewi juga berharap kepada rekan rekan perwakilan ormawa agar dapat mengikuti acara tersebut sampai selesai,kegiatn ini di lakukan agar kita sebagai mahasiswa dari sekarang sudah ahrsu tahu dan mengerti bagaimana pengelolaan keuangan dengan baik,ucap dewi mahsiswa jurusan RPL semester 6 ini.

Khairul Saleh,MH dosen Politeknik Bengkalis sebelum membuka acara secara resmi terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf kepada narasumber seyogyanya pak direktur pak Jhoni Caster yang akan hadir bersama kita tetapi karena adak kegiatan dan tugas harus ke Pekanbaru dan di minta saya untuk mewakilinya. 

Kemudian dalam sambutan nya Khairul saleh yang elbih akrap di sapa atah ini menyampaikan bebrapa hal tenang bagaimana kita berorganisasi baik oragnisasi kampus yang tergabung di ormawa maupun nantinya anak anak mahsiswa yang berkecimpung di daerah nya masing masing terutama di masyarakat,apa lagi tentang pengelolaan keuangan organisasi karena ini sangat sensitive sekali gara gara keuangan organisasi bisa hancur dan tak kan bejalan dengan baik apa lagi kalau pengurusnya tidak trasnparan.

sebagai contoh saya sendiri juga berkecimpung di organisasi dan sekarang ini juga sebagai sekretaris eksekutif Yayasan Bahtera Melayu yang bergerak di bidang pemberdayaan dan lingkungan,hampir 25 tahun Lembaga kami dan sudah pernah mendapat penghargaan dari Persiden tentang lingkunga Namanya Penghargaan Kalpataru.ucap atah lagi.

Selanjutnya ucapan terima kasih tak terhingga kepada narasumber bapak M.Firdaus,SE.Msi yang sudi menjadi pemateri dan meberikan serta berbagi ilmu kepada mahasiswa kami mudah mudahan acara kita ini berjalan dengan lancer samapi selesai dan untuk mahsiswa mahasiswa kami ikuti lah samapi selesai serap ilmu yang di berikan narasumber yang oaling tepat panitia pilih untuk seminar hari ini.

Pemaparan materi bapak Firadus menjelaskan tentang Pengelolaan Administrasi Keuangan dan Kearsipan untuk Menciptakan Organisasi yang Taat Aturan dan Tertib Administrasi". 

Terutama tentang Keuangan Daera yang merupakan semua hak dan kewajiban Daerah dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang dapat dinilai dengan uang serta segala bentuk kekayaan yang dapat dijadikan milik Daerah berhubung dengan hak dan kewajiban Daerah. seterusnya Pengelolaan Keuangan Daerah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan,

penatausahaan, pelaporan, pertanggungiawaban, dan pengawasan Keuangan Daerah.” Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah yang disebut APBD adalah rencana keuangan tahunan daerah yang ditetapkan dengan peraturan daerah,ucap nya.

selanjutnya menjelaskan kepada peserta mengenai proses melaksanakan kegiatan dari perencanaan seperti mekanisme pengusulan Surat Keputusan (SK), sampai dengan proses laporan keuangan dan laporan kegiatan. Serta peserta diajak praktek langsung pembuatan surat, pengusulan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sesuai Standar Biaya Masukan (SBM) dan Standar Biaya Internal (SBI) dan didukung Term of Reference TOR kegiatan.tertip adalam melaksanakan aturan yang telah di buat oleh pemerintah juga menjadi pedoman dan kunci pengelolanan yang baik dan benar ungkapnya.

Sambil memaparkan materi pemateri juga memberikan kesempatan pada peserta untuk taya jawab agar materi bisa di serap oleh peserta. Beliau berharap setiap Ormawa dapat menyerap semua anggaran yang ada agar semua kegiatan dapat berjalan dengan baik. “selain itu saya berharap semua anggaran yang ada, mampu diserap oleh seluruh lembaga kemahasiswaan, sehingga semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik, namun itu semua tergantung pada lembaga kemahasiswaan, tapi pesan saya jalan kan roda organisasi dengan baik dan benar.tutupnya