Selama Ramadhan, SMPN 1 Bantan Gelar Berbagai Kegiatan Keagamaan

BANTAN – Untuk menumbuhkan nilai-nilai ibadah selama bulan Ramadhan 1445 Hijiriyah, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bantan menggelar berbagai kegiatan keagamaan yang diberi nama Berbaur dengan Masyarakat (Bergema).

“Selain berniat khusyuk menjalankan ibadah puasa, kegiatan yang kami laksanakan untuk menumbuhkan sikap religi serta memberikan pengalaman berharga pada pelajar,” ungkap Kepala SMPN 1 Bantan Sri Rahayu, melalui rilis yang disampaikan 27 Maret 2024. 

Dijelaskan Sri Rahayu, kegiatan SMP Negeri 1 Bantan BERGEMA atau Berbaur dengan Masyarakat, diharapkan dapat menggali minat dan bakat murid dalam bidang keagamaan. Kemudian  menumbuhkan rasa percaya diri serta menambah wawasan religi murid sehingga dapat mempertebal rasa keimanan dan ketaqwaan 

Adapun kegiatan SMP Negeri 1 Bantan BERGEMA, yakni Safari Ramadhan dimulai pada malam 9 sampai malam 14 Ramadhan. Pada kegaitan memberdayakan murid sebagai aktor utama sebagai pelaksananya. 

Diungkapkan Sri Rahayu, melalui kegiatan Safari Ramadhan melalui kegiatan, diharapkan terjalin silaturrahmi antara sekolah dengan masyarakat sekitar, sehingga mengajarkan pada murid akan pahala dan pentingnya hubungan baik pada siapa saja termasuk masyarakat.

Melatih keberanian dan rasa percaya diri murid untuk tampil di depan masyarakat, yang menjadi harapan utama dari kegiatan safari ini adalah Sekolah ingin memberikan kesempatan dan pengalaman pada murid untuk tampil baik sebagai pembawa acara, qori/qoriah, da’i maupun membawakan doa. 

“Dari serangkaian kegiatan safari banyak pengalaman belajar yang diperoleh murid, baik dari persiapan mencermati dan menghafalkan materi sesuai bidangnya, belajar adab berjalan/berdiri didepan orang tua, serta keberanian untuk menampilkan kemampuannya,” ujar. 

Selanjutnya kegiatan sehari khatam Al Quran, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat. Seluruh siswa dibagi menjadi 30 kelompok, untuk dalam membaca Al Quran. 

Setiap kelompok diberikan tanggung jawab menyelesaikan atau membaca 1 juz dan diselesaikan bersama–sama dalam rentang waktu sekitar dari pukul 8.00 wib sampai dengan 10.30 wib. 

“Tak hanya itu, kegiatan lain yang secara rutin dilaksanakan yakni sholat dhuha berjamaah, pembacaan ayat-ayat pendek setiap 15 sebelum mulai pembelajaran,” ungkap Sri Rahayu

Sri Rahayu, berharap melalui berbagai program kegiatan di bulan Ramadhan, berdampak positif terhadap murid akan terus dilaksanakan sehingga kelak lulusan SMP Negeri 1 Bantan merupakan manusia yang memiliki pribadi tangguh, berkarakter, mandiri dan percaya diri. #DISKOMINFOTIK