Desa Sekodi dan Desa Kelemantan Melaksanakan Pesantren Ramadhan 1445 H

BENGKALIS - Kegigihan dalam menjalankan kegiatan Pesantren Ramadhan para Penggiat/Penyuluh Agama Islam (Dai) Desa dan Kelurahan Se-Kecamatan Bengkalis terus berjalan. Senin, 25 Maret 2024

Kini Pesantren Ramadhan dilaksanakan di dua desa yaitu Desa Sekodi dan juga tuan rumah dalam kegiatan tersebut dan juga Desa Kelemantan.

Dibawah Penggiat/Penyuluh Agama Islam (Da'i) Desa Sekodi Ustadz Syaiful peserta yang hadir dari Desa Sekodi berjumlah 26 orang yang terdiri dari remaja mulai dari tingkat SMP dan SMA. Sedangkan Desa Kelemantan dibawah naungan Ustadz Suryadi peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 21 orang dengan tingkatan mulai dari SD, SMP dan SMA.

Pembukaan sekaligus pelaksanakaan kegiatan Pesantren Ramadhan kali ini berlokasi di Masjid Al Muttaqin Desa Sekodi. Tampak hadir dalam pembukaan tersebut seperti Pejabat Desa Sekodi Bapak Hari Juanda, PJ Desa Kelemantan diwakili oleh Bapak Faizal, Ketua Masjid Al Muttaqin, Koordinator Penggiat/Penyuluh Agama Islam (Da'i) Kecamatan Bengkalis Ustadz Affan Zahidi, beberapa Da'i dan Da'iyyah dari berbagai desa yang juga narasumber dalam kegiatan itu.

Pembukaan yang begitu khidmat dimulai dari Pembacaan Al Qur'an oleh peserta kegiatan dan beberapa sambutan salahsatunya PJ Desa Sekodi.

Bapak Hari Juanda menyampaikan selamat datang ke desa kami dan juga Penggiat/Penyuluh Agama Islam (Da'i) Kecamatan Bengkalis telah memilih Desa Sekodi sebagai tempat pelaksanaan ini dan berkolaborasi dengan Desa Kelemantan. Suatu kehormatan bagi kami dan semoga menjadi keberkahan untuk desa kami yang melaksanakan kegiatan ini. Ujarnya

Begitu pula dengan Bapak Faizal yang mewakili PJ Desa Kelemantan memberitahukan bahwa kami mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini dan juga kami dari pihak desa juga sudah membuat kegiatan-kegiatan keagamaan di Desa Kelemantan serta kami lagi memperisiapkan para remaja-remaja untuk diberikan pelatihan seperti pelatigan imam, khatib dan lain sebagainya. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dari awal sampai dengan akhir.

Selanjutnya Ustadz Affan Zahidi sekalu Koordinator Kecamatan Bengkalis menyampaikan ribuan terima kasih kepada pihak Pemerintah Desa Sekodi dan Desa Kelematan yang sudah mendukung kegiatan kami, semoga kedepan kegiatan keagamaan terus berjalan dibawah Da'i dari masing-masing desa tersebut. Kemudian peserta yang mengikuti kegiatan ini dihimbau untuk fokus menerima materi-materi yang sudah disiapkan oleh para ustadz dan ustadzah yang hadir kali ini dan memanfaatkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dan Ustadz Affan Zahidi membuka kegiatan pada pagi hari itu.

Materi yang berjalan mulai dari pagi hingga menjelang berbuka puasa diikuti secara khidmat oleh peserta. Tepat pukul 17:50 kegiatan tersebut telah selesai dan acara penutupan tersebut dihadiri oleh Penyuluh Agama Desa Sekodi Ustadz Nasir dan Ketua Masjid Al Muttaqin.

Dalam kesempatan ini Ketua Masjid Al Muttaqin menyampaikan ucapakan terima kasih telah melaksanakan kegiatan ini dengan melibatkan para remaja desa. Harapan kami kedepan kalau bisa acara yang seperti ini tolong dibuat terus sehingga para remaja di desa menerima ilmu agama begitu maksimal dengan berbagai kegiatan dan kalau bisa habis lebaran idul fitri tolong buatkan kegiatan Pesantren Ramadhan ini lagi sehingga banyak yang menerima manfaat dalam kegiatan ini.

Kegiatan tersebut ditutup dengan mengajak para sebagian para jamaah masjid dan seluruh peserta dan para da'i dan da'iyyah berbuka puasa bersama di masjid dan dilanjutkan dengan sholat magrib secara berjamaah.