BNPP Pusat Gelar Pengukuran IPKP Pada PKSN Bengkalis

BENGKALIS - Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) melalui Tim Pengukuran Indeks Pengelolaan Kawasan Perbatasan (IPKP) Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan melaksanakan Focus Group Discussion (FGF) dalam rangka penajaman hasil pengukuran IPKP PKSN Bengkalis.

Dalam FGD yang diselenggarakan, Rabu 20 Maret 2024 diruang rapat Hang Jebat Kantor Bengkalis sebelumnya telah disebar kuesioner yang meliputi penilaian 3 variabel Lintas Batas, Simpul Transportasi dan Pusat Pertumbuhan Ekonomi dengan indikator-indikator yang diisi oleh masing masing peserta FGD sesuai bidangnya.

Bupati Bengkalis yang diwakili Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Zulpan, ST mengapresiasi tim IPKP dari BNPP RI dan berharap dalam FGD ini didapatkan data-data dan masukan isu-isu strategis mendasar yang perlu dikoordinasikan dan disinergikan dalam penyusunan program kegiatan pengembangan PKSN Bengkalis untuk mewujudkan Visi Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera.

Kami juga berharap FGD ini dapat menjadi langkah kolaboratif dalam pembangunan kabupaten Bengkalis sesuai tema pembangunan Kabupaten Bengkalis tahun 2024 Mengembangkan Potensi pada Wilayah Perbatasan dan Kluster Pembangunan Kawasan yang didukung oleh Pembangunan Infrastuktur dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, ujar Zulpan.

Untuk IPKP PKSN Bengkalis pada tahun 2022 sebelumnya masuk kategori B dengan nilai indeks 0,61. Pengukuran ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya masih kategori C dengan nilai indeks 0,55. Adapun pengukuran IPKP oleh Tim IPKP yg dilakukan dari 18 s/d 22 Maret 2024 ini adalah untuk mengukur capaian tahun 2023.

Pengukuran IPKP ini nantinya akan digunakan oleh Bappenas untuk melihat capaian dan menjadi salah satu indikator bidang/tematik dalam rancangan RPJPN 2025-2045 serta digunakan sebagai masukan dalam identifikasi kebutuhan intervensi pembangunan kawasan perdagangan.

Hadir dalam FGD Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian Zulpan, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Mohd. Amru Herawza, Sekretaris Dinas Perhubungan Alhamidi, Kepala Bidang Infrastruktur Rahmah Wati Putri, Perwakilan dari OPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Bengkalis, Perwakilan dari Polres Bengkalis, Perwakilan dari Kodim Bengkalis dan Kepala/Perwakilan Instansi Vertikal yang ada di Kabupaten Bengkalis. #DISKOMINFOTIK.