Safari Ramadhan dan Berbagi 1000 Takjil Dai Bermasa Se-Kecamatan Pinggir

BENGKALIS - Bulan Ramadhan 1445 Hijrah merupakan bulan istimewa bagi umat islam di seluruh dunia, keberkahan bulan Ramadhan ini tercermin dari prilaku umat islam dalam menyambut bulan yang penuh hikmah segala amal perbuatan yang kita jalankan mengharap ridho dari Allah SWT. 

Kegiatan Ramadhan dilakukan semua kalangan masyarakat terutama pemberian takjil dan safari ramadhan sebagaimana di laksanakan oleh Dai Bermasa Se kecamatan pinggir di Desa pinggir KM 7 bertempat di Masjid Al Barakah secara perdana.

pelaksanaan kegiatan ini menginisiasi dan mengajak masyarakat kecamatan pinggir dalam menghadapi bulan suci ramadhan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan amalan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, 

Da'i Bermasa kec Pinggir merasa terpanggil dan memiliki kepedulian dalam membentuk karakter masyarakat yang beriman dan bertaqwa umumnya kabupaten bengkalis dan yang terkhusus kec pinggir yang mana kegiatan tersebut di hadiri, Korcam Da'i Bermasa Kec Pinggir Ustadz Azwarsyah.

Kegiatan Da'i Bermasa Kecamatan Pinggir selama bulan suci ramadhan yang berlanjut dengan menyampaikan tausyiah Ramadhan dengan tema memakmurkan masjid yang disampaikan oleh Ustadz Mukhlis.

Kami mengimbau kepada Masyarakat pingir KM 7 untuk Mewujudkan masjid yang makmur adalah tugas dan tanggung jawab seluruh umat Muslim di lingkungan sekitar. Hal ini sejalan dengan perintah Allah yang tercantum dalam Al-Quran surat at-Taubah ayat 18.

Artinya: “Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah:18).

Selanjutnya Langkah untuk mengembangkan masjid merupakan tempat yang tepat dalam pembinaan umat dalam tausyiah disampaikan beberapa point penting antara lain: 

Pemeliharaan dan perawatan bangunan masjid agar senantiasa dalam keadaan bagus, bersih, indah, serta terawat.

Rutin melaksanakan kegiatan ibadah seperti shalat berjamaah lima waktu, shalat Jumat, shalat tarawih di bulan Ramadhan, berdoa bersama, tadarus Al-Quran, dan sebagainya.

Mengadakan kegiatan keagamaan seperti pengajian rutin, peringatan hari-hari besar Islam, bimbingan dan penyuluhan masalah keagamaan, dan lain-lain.

Mengadakan kegiatan pendidikan formal maupun informal, seperti pendirian sekolah atau madrasah di lingkungan masjid, taman pendidikan Al-Quran, atau pesantren kilat.

Menyelenggarakan kegiatan sosial lain seperti santunan fakir miskin dan yatim piatu, lomba-lomba keagamaan, kesenian, dan lain-lain.

Kegiatan safari Ramadhan 1445 H di Desa pinggir KM 7 Masjid ALbarakah mendapat respon positif dari masyarakat setempat. #DISKOMINFOTIK.