DLH Gelar Kick Off Meeting dan Konsultasi Publik I Penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Bengkalis 2025-2029

BENGKALIS - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis menggelar Kick Off Meeting dan Konsultasi Publik I Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bengkalis 2025-2029. 

Forum ini dibuka Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ed Efendi, di Ruang Rapat Zahari, Kantor Bappeda Bengkalis, Selasa, 5 Maret 2023.

Bupati mengungkapkan, melalui forum ini dapat menghimpun berbagai masukan dan saran dari pemangku kepentingan dalam pemenuhan data, perangkingan isu serta masukkan terkait penyusunan KLHS RPJMD Kabupaten Bengkalis.

"Kami optimis dengan adanya masukan dan saran dari berbagai pihak nantinya, maka program dan kegiatan yang telah kita rencanakan dalam KLHS RPJMD ini akan menjadi lebih tepat sasaran," ungkapnya. 

Bupati berharap, hasil forum ini mampu memperoleh KLHS RPJMD yang berpihak kepada masyarakat Negeri Junjungan serta lebih bermakna dan bermanfaat dalam proses perencanaan pembangunan daerah.

Kadis DLH Basuki Rahmad diwakili Sekretaris Agus Susanto mengungkapkan, KLHS nantinya menjadi dokumen yang terintegrasi ke dalam rencana pembangunan dan salah satu syarat penetapan Perda tentang RPJMD sebagai salah satu instrumen yang mengintegrasikan pertimbangan lingkungan pada tingkatan pengambilan keputusan yang bersifat strategis, yakni pada arah kebijakan, rencana dan program pembangunan.

Dalam forum ini DLH Bengkalis menghadirkan narasumber Analisis Kebijakan Ahli Muda Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah I Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Rima suharni serta Tenaga Ahli LPPM Universitas Riau. Selain diikuti Perangkat Daerah terkait, kegiatan ini juga diikuti Lembaga Adat Melayu Riau dan LSM Bahtera Melayu.#DISKOMINFOTIK