Tingkatkan Kompetensi Amil, 40 UPZ Masjid/Mushalla Pulau Rupat Ikuti Bimtek

BATU PANJANG - Guna meningkatkan kompetensi Amil Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) masjid dan mushalla di Pulau Rupat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menggelar bimbingan teknis (bimtek).

Bimtek yang diikuti 40 UPZ masjid dan mushalla se-Kecamatan Rupat dan Rupat Utara ini dipusatkan di Kantor Camat Rupat, Kelurahan Batu Panjang, Senin 4 Maret 2024.

Acara dibuka Bupati Bengkalis diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Bengkalis, Andris Wasono.

Dihadapan peserta bimtek, Andris menyebutkan peran penting pengelola UPZ dalam pengumpulan dan pengelolaan zakat, infak dan sadaqah (ZIS).

Oleh karena itu, Andris berharap pengurus UPZ masjid dan mushalla perlu meningkatkan kompetensinya.

Sebab, masjid dan mushalla merupakan institusi yang paling dekat dengan umat, sehingga UPZ masjid dan mushalla dapat lebih mudah memberikan pemahaman terkait ZIS kepada masyarakat dan mustahik.

Andris juga menyoroti peran penting Baznas dalam hal pemberdayaan. Untuk itu, Andris berharap agar ke depan semangat Baznas untuk memastikan kesejahteraan umat dapat terus tercermin dalam setiap program yang dilakukan.

Disela-sela kegiatan, turut diserahkan penyaluran bidang ekonomi produktif, kepada Ahmad Rafles sebesar Rp2.5 juta. Bantuan kepada Rika guna mengembangkan usaha kue Rp6 juta dan penyaluran zakat bidang kesehatan untuk biaya terapi lumpuh, Dedy Gunawan Rp5 juta.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Rupat, Hariadi, Camat Rupat Utara diwakili Kasi Kesosbud Adi Putra, Wakil Ketua I Baznas Bengkalis Risman Hambali, Ka. KUA Rupat, Masdarudin, para peserta Bimtek UPZ dan undangan lainnya. #DISKOMINFOTIK