Bakal Gelar Gebyar UEK

UEK-SP Rimbasekampung Gelar MKPT, Seklur Harapkan Kerjasama RT dan RW

BENGKALIS - Pengelola Usaha Ekonomi Kelurahan-Simpan Pinjam (UEK-SP) Kelurahan Rimbasekampung menggelar Musyawarah Kelurahan Pertanggungjawaban Tahunan (MKPT) 2023, Selasa, 6 Februari 2024.

Lurah Rimbasekampung di wakili Sekretaris Kelurahan Nadrah, dalam pembukaan MKPT kala itu menjelaskan bahwa UEK-SP, merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM). 

"UEK Rimbas Madani  Kelurahan Rimbasekampung di Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, merupakan salah satu UEK yang memberikan dan memfasilitasi program yang menyalurkan dana untuk kepada masyarakat yang mempunyai usaha ekonomi bagi keluarga. Penyaluran yang di berikan tidak terlepas dari aturan yang telah di buat oleh pemerintah. Jadi bagi masyarakat yang melakukan peminjaman harus benar benar punya usaha dan dapat mengembalikan angsuran tepat waktu," jelas Seklur yang akrab di sapa Yeyen ini.

Karena, lanjutnya, dana tersebut akan bergulir kepada usaha ekonomi yang lain. Sehingga diharapkan kepada RW dan RT yang berada di Kelurahan tersebut bisa membantu program yang di berikan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

"Membantu di sini misalkan kalau ada masyarakat yang melakukan peminjaman untuk usahanya, perlu ada rekomendasi dari RT, jdi mohon di fasilitasi. Kemudian apabila ada yang agak sendat dan menunggak mohon RT juga merasa ikut membantu memfasilitasi  agar pembayaran angsuran lancar," pintanya.

Menurutnya, semua pihak harus dapat melihat bahwa Pemkab Bengkalis sangat mendukung program yang memang langsung dapat membantu masyarakat dalam berusaha ekonomi kecil menengah untuk peningkatan kesejahteraan  keluarga.

"Tentu kita patut berterima kasih kepada Bupati dan pemerintah daerah. Apalagi UEK-SP mampu mengangkat ekonomi masyarakat. Sehingga kedepannya tetap bisa menjaga keterbukaan dan menyentuh seluruh level lapisan masyarakat sesuai dengan program Bermasa," sambungnya.

Sementara itu, Ketua UEK Rimas Madani Ketua Mardiana.SE.Sy, menyebutkan bahwa musyawarah tersebut turut mengundang dan libatkan seluruh RW dan RT se Kelurahan Rimbasekampung.

"Alhamdulillah dari bulan ke bulan serta tahun ke tahun terjadi peningkatan dalam hal pengembalian, namun kalau ada kendala kami bisa selesaikan secara musyawarah.Dan ini semua berkat kerjasama antara peminjam dan pengurus serta fasilitasi dari RT juga," ucapnya.

Kemudian beliau juga  menjelaskan tentang program program dana sosial kegiatan yang di lakukan antara lain bantuan untuk anak anak yatim, pelatihan peningkatan ekonomi bagi rumah tangga, partisipasi MTQ kelurahan, pameran exspo kelurahan serta pada pada tanggal 20 Februari 2024 ini akan di laksanakan Gebyar UEK.

"Dalam kegiatan ini nanti akan ada reward untuk peminjam terbaik dalam angsuran yang akan mendapat hadiah serta ada bermacam macam kegiatan baik bagi peserta yang meminjam maupun masyarakat yang hadir. Ada juga kupon berhadiah serta door prize," jelasnya.