Polbeng Gelar Sosialisasi Penyusunan E-SKP Bagi ASN

BENGKALIS - Sasaran Kerja Pegawai (SKP) merupakan salah satu unsur dalam penilaian prestasi kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memuat tugas dan jabatan serta target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur. Setiap ASN wajib menyusun SKP dengan masa penilaian satu tahun.

Dalam rangka memberikan pemahaman tentang SKP kepada para dosen dan tenaga kependidikan (tendik), pada hari Selasa, 6 Februari 2024 di Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) mengadakan workshop dan bimbingan teknis penyusunan dan Penilaian Sasaran Kerja Pegawai (SKP) melalui E-SKP untuk seluruh dosen dan karyawan.

Kegiatan yang berlangsung selama sehari ini diadakan di aula gedung Teknik Informatika (TI) dengan menghadirkan narsumber Gustianda Dwi Putra, S.E. yang merupakan Analis Kinerja Biro SDM Kemenristekdikti.

Acara ini diawali dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Polbeng, Johny Custer. Dalam sambutannya Direktur menjelaskan bahwa SKP adalah Sasaran Kerja Pegawai yang nantik setiap kita akan membuat rencana dan target kedepan. Target yang akan dibuat nantik harus diketahui oleh pimpinan dan atasan langsung dan nantik akan di evaluasi setiap tahunnya.

Johny juga menambahkan ada 8 indikator kinerja utama dalam transformasi Pendidikan tinggi di antaranya: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak, Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus, Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, Praktisi Mengajar di Dalam Kampus, Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat, Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia, Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif, dan Program Studi Berstandar Internasional dan tujuan akhirnya dalam penyusunan SKP ini adalah bagaimana IKU tersebut dapat tercapai.

Setelah sambutan dari direktur, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari narasumber oleh Gustianda Dwi Putra. Sesi materi ini beliau isi dengan penjelasan tentang SKP, termasuk tujuan, isi, serta ketentuan penyusunannya. 

Sesi ini diakhiri dengan tanya jawab antara peserta dengan pemateri dan dilanjutkan dengan bimbingan dan praktek penyusunan SKP. Beliau menunjukkan contoh penyusunan SKP yang benar baik untuk dosen maupun tendik. Sesi ini juga turut diselingi dengan pertanyaan dari peserta workshop. Kegiatan ini berakhir pada siang harinya dan ditutup dengan foto bersama. #DISKOMINFOTIK.