Musrenbang Kecamatan Bukit Batu, Mantapkan SDM, Infrastruktur dan Ekonomi Masyarakat

BUKIT BATU - Pemerintah Kecamatan Bukit Batu melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Kecamatan Bukit Batu, Jumat, 26 Januari 2024.

Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Satf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ed Efendi membuka secara resmi Musrenbang yang dilangsungkan di aula lantai II kantor Camat Bukit Batu.

Sebagai penguatan di tahun transisi perencanaan 2025 ke tahun perencanan selanjutnya, prioritas pembangunan kedepannya adalah memantapkan kualitas SDM, infrastruktur dan memantapkan perekonomian masyarakat.Hal tersebut sesuai dengan arah kebijakan pembangunan tahunan Kabupaten Bengkalis tahun 2025, yakni “Memantapkan Kualitas Sumberdaya Manusia, Infrastruktur dan Perekonomian Masyarakat Menuju Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera”.

Pada APBD tahun 2024, untuk Kecamatan Bukit Batu telah dialokasikan anggaran diberbagai sektor seperti infrastruktur, perumahan dan pemukiman, pendidikan, kesehatan, pertanian, perhubungan, sosial, kependudukan, dan lainnya.

"Bahkan kami juga telah menganggarkan beberapa kegiatan strategis di Kecamatan Bukit Batu ini, antara lain penyediaan prasarana sarana utilitas umum perumahan dan pemukiman sebesar 4,4 milyar rupiah, pembangunan turap beton sungai atan gani desa pakning asal sebesar 500 juta rupiah, pembangunan turap beton jalan ekonomi Rt. 06 Rw. 02 Dusun Parit Rodi sebesar 500 juta rupiah, pembangunan jalan Bukit Batu-Pelantar 1 milyar, rehabilitasi ruangan UGD dan pengembangan puskesmas Sungai Pakning sebesar 850 juta rupiah, serta kegiatan lainnya," jelas Ed Efendi kala membaca sambutan Bupati Kasmarni.

Selanjutnya, Bupati Bengkalis Kasmarni juga mengingatkan beberapa program prioritas daerah yang terintegrasi dengan program nasional yang harus tetap ditindak lanjuti, seperti program penghapusan kemiskinan ekstrim, penurunan stunting, peningkatan investasi dan pengendalian inflasi.

Memasuki tahun 2025 nanti, perlu juga kami ingatkan, agar kecamatan dapat mensinkronkan tahapan penyusunan rencana strategisnya, dengan tahapan penyusunan RPJMD 2025–2029.

"Upayakan agar semua permasalahan yang terindikasi di lima tahun mendatang dapat terselesesaikan secara baik, dengan melibatkan banyak pihak, baik desa, kelurahan, dunia usaha dan pihak-pihak lainnya," sambungnya.

Kepada seluruh Perangkat Daerah Bupati Bengkalis tegaskan, dapat merekam dengan baik usulan desa dan kelurahan di Kecamatan Bukit Batu, agar nantinya dapat menjadi bagian dari fokus rencana kerja Perangkat Daerah sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Kepada Bupati Bengkalis, Camat Bukit Batu Acil Esyno meminta kecamatannya untuk masuk kedalam prioritas."Kami berazam, mudah-mudahan Kecamatan Bukit Batu menjadi Kecamatan maju setara dengan kecamatan maju lainnya di Indonesia," tegas Acil.

Kemudian dikesempatan itu, Camat Acil meminta semua yang hadir memberikan saran, masukan dan Perangkat Daerah bisa memberikan masukan untuk apa saja yang bisa Kecamatan Bukit Batu masukkan.

"Kita tidak bisa berdiri sendiri, namun dengan bersama insya allah Kecamatan Bukit Batu akan maju," harapnya.

Turut hadir Camat Bukit Batu Acil Esyno, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Administrator dan Pengawas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Kepala Desa, sejumlah organisasi kepemudaan serta tokoh masyarakat lainnya. #DISKOMINFOTIK