Tingkat Literasi Ekonomi Syari’ah Bagi Kalangan Pelajar , Dosen dan Mahasiswa STIE Syari’ah Bengkalis Gelar Pengabdian di Ma Ar-Rasyidiah

BENGKALIS - Dosen bersama Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis telah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di MA Ar-Rasyidiah Desa Sungai Alam. 

Kegiatan diLaksanakan di Ruang Kelas Ar-Rasyidiah, dengan narasumber Khodijah Ishak, Muhammad Ashubli, Mashuri, Dewi Oktayani dan Een Erlina. Selasa 09/01/2024.

Adapun tema yang diangkat dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah Literasi Ekonomi Syari’ah pada Siswa MA Ar-Rasyidiah. 

Kegiatan ini disambut baik oleh Ellyri selaku Wakil Kurikulum Ar-Rasyidiah Desa Sungai Alam, dalam sambutannya ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim pengabdian dari STIE Syari’ah Bengkalis telah memilih Sekolah MA Ar-Rasyidiah untuk pelaksanaan kegiatan ini. 

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi Ekonomi Syari’ah pada siswa MA Ar-Rasyidiah,” jelasnya.

Khodijah Ishak selaku narasumber menyatakan secara potensi pengembangan ekonomi syariah di Indonesia sangatlah besar. Masih banyak ruang di sektor tersebut yang dapat terus dioptimalkan. Namun, salah satu tantangan pengembangan sektor tersebut ialah masih rendahnya literasi ekonomi dan keuangan masyarakat di tengah Masyarakat.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan masyarakat akan ekonomi dan keuangan syariah,” kata Khadijah.

Khodijah Ishak menambahkan semakin tinggi literasi ekonomi dan keuangan syari’ah pada masyarakat maka akan semakin tinggi pula penggunaan barang dan jasa yang halal dan sesuai syariah oleh masyarakat. 

“Pada gilirannya hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah secara berkelanjutan,”katanya

Muhammad Ashbuli menyampaikan bahwa ekonomi syari’ah terus mengalami perkembangan di Indonesia, untuk itu belajar ekonomi syari’ah itu penting untuk mewujudkan integritas seorang muslim dan mendukung kemajuan ekonomi Islam.

Sementara itu, Mashuri menyampaikan bahwa siswa/i MA Ar-Rasyidiah sebagai generasi muda harus mampu memasyarakatkan pemahaman ekonomi dan keuangan Syariah, karena  salah satu faktor fundamental yang menentukan keberhasilan upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah adalah dengan cara  peningkatan literasi pada generasi muda terhadap ekonomi dan keuangan syariah.


“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat literasi ekonomi kepada generasi muda  dan masyarakat luas dapat menentukan produk dan jasa keuangan syariah yang sesuai dengan kebutuhannya, memahami secara benar akan manfaat dan risikonya, mengetahui hak dan kewajibannya serta meyakini produk keuangan tersebut,jelas Mashuri.

Acara ini dihadiri dosen dan mahasiswa STIE Syari’ah Bengkalis, Wakil Kurikulum MA Ar-Rasyidiah dan Siswa/I MA Ar-Rasyidiah## DISKOMINFOTIK