Baznas Kembali Buka Penggalangan Dana Palestina, Total Sementara Dekati Angka Rp300 Juta

BENGKALIS – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis kembali perpanjang himbauan partisipasi bantuan solidaritas dunia Islam atau penggalangan dana untuk warga Palestina. Hingga Senin 13 November 2023, total dana yang terkumpul sudah mendekati angka Rp300 juta, tepatnya sebesar Rp297.941.000,- 

“Alhamdulillah, hingga hari ini jumlah dana dari penggalangan bantuan untuk warga Palestina sudah hampir Rp300 juta. Dana ini berasal dari sumbangan masyarakat Kabupaten Bengkalis yang digalang melalui masjid, sekolah, instansi pemerintah maupun sumbangan yang dipungut dari jalan,” ungkap Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis, Ismail, Senin 13 November 2023.

Diungkapkan Ismail, sebelumnya pihak Baznas Kabupaten Bengkalis pada 23 Oktober lalu melayangkan surat imbauan kepada umat Islam untuk mengulurkan bantuan kepada warga Palestina. Melihat besarnya antusias umat Islam untuk meringankan warga Palestina yang menjadi korban peperangan dengan Israel, maka Baznas pada 13 November ini kembali melayangkan surat imbauan perpanjangan waktu penggalangan yang sebelumnya berakhir 30 Oktober lalu.

“Sebenarnya kita membatas penggalangan bantuan sampai 30 Oktober lalu, ternyata keinginan umat Islam di Kabupaten Bengkalis, makanya kita membuat surat imbauan lagi,” ungkap Ismail.

Terbaru, sumbangan diberikan umat Islam pada acara tabligh akbar sekaligus penggalangan dana Membasuh Luka Palestina yang digelar oleh Persatuan masyarakat Aceh (Permasa) di Duri, Kecamatan Mandau, Senin siang. Pada tablig akbar yang menghadirkan ustadz Abdul Somad, berhasil menghimpun dana dari jamaah sebesar Rp53.372.700,-. Selanjutnya dana tersebut diserahkan kepada pengurus Baznas Kabupaten Bengkalis untuk selanjutnya disalurka ke warga Gaza Palestina melalui Kementerian Luar Negeri dan jaringan Baznas yang ada di Mesir dan Jordania.

Pada hari yang sama, pengurus Masjid Agung Istiqomah menyalurkan dana penggalangan bantuan Palestina dari jamaah kepada pengurus Baznas Kabupaten Bengkalis sebesar Rp8.762.000,-. “Sebelumnya kami telah menerima donas dari berbagai kalangan, baik itu dunia pendidikan, perguruan tinggi, pengurus masjid, organisasi kemasyarakatan dan lainnya,” terang Ismail.

Dari total dana yang terkumpul mencapai Rp300 juta, pihak Baznas Kabupaten Bengkalis telah menyalurkan dana untuk warga Palestina sebesar Rp132.754.000, pada Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Lintas Sektoral Tahun 2023, Selasa 7 November 2023, di gedung Pertemuan Batin Betuah Kecamatan Mandau.

“Saat itu dana penggalangan bantuan untuk warga Palestina sebesar Rp132 juta lebih diserahkan langsung oleh Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni kepada pengurus Baznas pusat, Bidang Koordinasi Nasional H. Achmad SudrajatSelanjutnya kita rencanakan pada 23 November 2023 ini, kembali kita salurkan,” ujar Ismail. 

Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ismail mengucapkan terima kasih kepada umat Islam yang telah menyisihkan rezekinya untuk membantu meringankan beban warga Gaza Palestina yang menjadi korban perangan. “Terima kasih, semoga sumbangan dan bantuan yang diberikan akan menambah pundi-pundi pahala,” pungkas Ismail. #DISKOMINFOTIK