Pemkab Bengkalis Taja Forum Konsultasi Publik ( FKP ) Pelayanan Administrasi Kependudukan

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis menggelar FKP Pelayanan Administrasi Kependudukan Kabupaten Bengkalis, Kamis, 9 November 2023 di Kantor Disdukcapil Kabupaten Bengkalis.

Forum Konsultasi Publik ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkalis Ismail didampingi Sekretaris Nurfaridinsyah.

FKP yang dilaksanakan dengan tujuan untuk dialog, diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan publik untuk membahas rancangan kebijakan, penerapan kebijakan, dampak kebijakan, evaluasi pelaksanaan kebijakan, ataupun permasalahan terkait pelayanan publik dalam rangka transparansi pelayanan publik.

Kepala Disdukcapil Ismail mengatakan adapun yang terlibat dalam FKP ini yakni, Penyelenggara Layanan Publik, Pengguna Layanan Publik, Stakeholder Pelayanan, Ahli Praktisi, Organisasi Masyarakat Sipil dan Media Massa.

"Semoga melalui Forum Konsultasi Publik yang dilaksanakan ini kami dapat menerima masukan, saran dan usulan sehingga kedepannya dapat dirumuskan kebijakan pelayanan administrasi kependudukan yang semakin lebih memberikan kemudahan, solutif, transparan dan akuntabel," kata Ismail.

Ismail menambahkan Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik pasal 39 telah mengamanatkan bahwa setiap penyelenggara publik untuk mengikutsertakan masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Selanjutnya Ismail menambahkan urgensi dalam pelaksanaan forum konsultasi publik yakni, partisipasi demokratis, peningkatan kualitas layanan, akuntabilitas transparansi, pengurangan ketidak setaraan dan penerimaan masyarakat.

Masih kata Ismail, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkalis terus berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga masyarakat, khususnya dalam bidang administrasi kependudukan.

"Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi salah satu fokus utama yang terus dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Bengkalis, guna memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, dan akurat kepada masyarakat, dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju Dan Sejahtera," kata nya.

Lanjut Ismail, Forum Konsultasi Publik diharapkan dapat memberikan input positif terhadap implementasi kebijakan administrasi kependudukan yang memiliki peranan penting dalam pelayanan publik, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan publik sesuai kebutuhan yang diinginkan.

Hadir dalam Forum Konsultasi Publik ini, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Rahmatullah, Ketua LAMR Datuk Sofyan Said, Sekretaris Kominfotik Adisutrisno, PWI Bengkalis Bakhtarudin, Politeknik Negeri Bengkalis Syariful Azmi, STIE Bengkalis Muhammad Fadli.

Kemudian, Kemenag Bengkalis Zulkarnain, Sekretaris Pengadilan Agama Sarfunis, Kepala UPT Kec Bengkalis Masadi, DPPPA Bengkalis Majrul, Fasilitator Anak Kab Bengkalis Firman, dan Forum Anak Bengkalis Muhammad Afhdal.

Juga diikuti Pejabat Administrator, Pengawas dan Pejabat Fungsional Lingkup Disdukcapil Kabupaten Bengkalis #DISKOMINFOTIK.