Tindaklanjuti SE Kadis Lingkungan Hidup, Diskominfotik Bengkalis Gelar Goro

BENGKALIS – Mengingat akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis (Diskominfotik), seluruh pegawai maupun honorer, menggelar gotong royong (Goro) membersihkan lingkungan kantor, Kamis pagi, 31 Agustus 2023.

“Goro ini menindaklanjuti Surat dari Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis Nomor: 600.4/129/DLH-PSLB3 tentang Imbauan Gotong Royong dalam rangka penilaian Kota Bersih/Adipura oleh Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia tanggal 23 Agustus 2023,” kata Kadis Kominfotik diwakili Sekretaris Adisutrisno.

Selanjutnya Adi menambahkan dalam kegiatan gotong royong ini sejumlah sampah dan selokan yang berada dilingkungan kantor juga ikut dibersihkan.

“Tentunya, ini bukan hanya kita lakukan saat ada arahan seperti ini, namun kita berharap dapat dilakukan selalu guna menjaga lingkungan kita agar tetap bersih dan nyaman,” kata Adi.

Sementara itu, sebagaimana dikabarkan sebelumnya, dalam surat dari Plt. Kadis Lingkungan Hidup Bengkalis ini, terdapat empat hal yang harus dilakukan oleh semua pihaknya. Yakni, seluruh perangkat daerah, camat, lurah/kepala desa, kepala sekolah maupun pemilik usaha diminta untuk melakukan gerakan kebersihan melalui gotong royong di wilayahnya masing-masing.

Kemudian, memilah sampah dari sumbernya dengan pola 3R, yakni Reuse (penggunaan kembali), Reduce (mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah dan Recycle (mengolah kembali sampah).


Selanjutnya, perangkat daerah, camat, lurah/kepala desa, kepala sekolah maupun pemilik usaha harus membentuk kelompok/forum peduli sampah .#DISKOMINFOTIK