Jelang MTQ Kabupaten, LPTQ Laksanakan Pemantapan Hakim Panitera MTQ ke-48

Teks foto: Pemantapan hakim panitera MTQ Ke-48 Tingkat Kabupaten Bengkalis yang ditaja LPTQ Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS - Menjelang dilaksanakannya Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-48 Tingkat Kabupaten Bengkalis 2023, yang akan dilaksanakan 4 s.d. 10 September 2023 di Kecamatan Pinggir, LPTQ Kabupaten Bengkalis menggelar pemantapan hakim panitera.

Kegiatan yang diinisiasi Bidang Perhakiman, LPTQ Kabupaten Bengkalis ini digelar selama 2 hari. Dibuka secara resmi Ketua LPTQ Kabupaten Bengkalis, diwakili Kepala Bidang Perhakiman, H Imam Hakim, Selasa, 29 Agustus 2023.

Dalam arahannya, Imam Hakim mengatakan kegiatan pelatihan teknis ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas hakim panitera saat bertugas membantu majelis hakim menginput dan menghitung nilai peserta.

Mengingat sejak 2017 silam, pelaksanaan MTQ Kabupaten Bengkalis sudah menerapkan aplikasi berbasis web yang diakses melalui e-mtq.bengkaliskab.go.id.

Salah satu fitur yang ada di aplikasi e-MTQ ini adalah penjurian digital. Dimana seluruh nilai majelis hakim diinput dan diproses diaplikasi, sehingga memudahkan dalam menentukan juara.

"Tugas teman-teman panitera adalah memastikan seluruh nilai yang diinput betul adanya. Tanpa rekayasa dan bisa dipertanggungjawabkan", pinta Imam Hakim.

Untuk itu, mantan Kadis Ketahanan Pangan ini mengingatkan seluruh panitera agar memahami dan senantiasa meng-upgrade kemampuan.

Selaku narasumber, Babam Suryaman menyebutkan, sejak dibangun 2017 silam, e-MTQ Kabupaten Bengkalis terus berbenah. Berbagai fitur terus ditingkatkan tiap tahunnya.

Tidak hanya pendaftaran peserta saja, tapi sudah termasuk maqro digital, pencabutan undian tampil, komposisi lagu, riwayat maqro, paket soal, judul syarahan, live score Fahmil Qur'an dan musabaqah center.

Selain itu, guna mempermudah penilaian peserta. Ditambahkan penjurian online. Fitur ini sebagai database majelis hakim yang bertugas, disertai dengan blanko nilai dan penentuan juara.

Sehingga dengan hadirnya fitur ini, proses penghitungan nilai dan penentuan tingkatan lomba, penyisihan, semi final dan final lebih cepat.

"Tentunya fitur ini sudah dilengkapi berbagai rekap nilai dan laporan berita acara. Sehingga akan memudahkan dalam menentukan juara perorang, juara umum dan qori terbaik," pungkasnya.

Adapun hakim panitera yang akan bertugas adalah, Hamdani (Seni Kaligrafi Al-Qur'an), Johan Arif dan Amir Fauzan (Fahm Al-Qur'an), Mulyono (Qira'at Al-Qur'an), Lailatur Rahmah (Seni Baca Al-Qur'an), M Rido Kurniawan (Hafalan Al-Qur'an), M Adib Amanullah (Syarh Al-Qur'an), Ahmad Tamami (Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an) dan Masmery (Tafsir Al-Qur'an). #DISKOMINFOTIK