Diinisiasi Mahasiswa KKN UIN Suska Riau, Pondok Baca Desa Selat Baru Resmi Terbentuk

Teks foto: Foto bersama usai peresmian pondok baca Desa Selat Baru yang diinisiasi mahasiswa KKN UIN Suska Riau

BANTAN - Pondok baca Desa Selat Baru resmi terbentuk. Tempat cikal bakal pustaka desa ini diresmikan Sekretaris Desa Selat Baru, Irvan Syahputra, Minggu, 27 Agustus 2023.

Berlokasi di samping balai pertemuan desa Selat Baru, pondok ini diinisiasi mahasiswa KKN UIN Suska Riau yang tengah melaksanakan pengabdian di wilayah tersebut.

Atas nama Pemerintah Desa, Irvan Syahputra menyambut baik dan sangat mendukung terbentuknya pondok desa.

"Pondok baca yang telah dibentuk adik-adik KKN UIN Suska kita harapkan tetap eksis dan terus berkembang. Kebetulan, program ini berkaitan dengan program pemerintah, karena diwajibkan setiap desa harus ada perpustakaan," ucapnya.

Apresiasi juga disampaikan perwakilan BPD Selat Baru, Rita Hariani. Menurutnya, selain meningkatkan minat baca. Kehadiran pondok baca ini sebagai salah satu upaya mengurangi ketergantungan gadget pada anak-anak.

"Terima kasih kepada adik-adik KKN, kita juga berharap agar koleksi bukunya diperbanyak. Sehingga menjadi daya tarik masyarakat untuk datang dan membaca," pintanya.

Hal senada disampaikan Ketua TP PKK Desa Selat Baru, Ruwiyani dan anggota, Hanida. Menurut mereka, selain mengurangi kecanduan gadget. Terbentuknya pondok desa juga bermanfaat bagi ibu-ibu, karena membaca dapat menurunkan tingkat kepikunan dan menambah wawasan.

Sementara itu, selaku Ketua KKN UIN Suska, Idham Khalid mengatakan terwujudnya pondok baca sebagai salah satu program kerja sekaligus mengembangkan literasi.

"Terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Desa Selat Baru yang telah memberikan wadah bagi kami untuk berkreasi. Semoga pondok baca ini bermanfaat," pungkasnya. #DISKOMINFOTIK