Mahasiswa KKN UIN SUSKA Riau Pelajari Kreasi Olahan Sawit Desa Jangkang

BENGKALIS - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN SUSKA Riau yang melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Jangkang Kecamatan Bantan mempelajari pembuatan kreasi pengolahan sawit sebagai makanan khas Desa Jangkang, Selasa, 22 Agustus 2023.

Kegiatan ini di ikuti oleh 4 orang mahasiswa KKN UIN SUSKA Riau dan dipimpin Siti Rukayah sebagai anggota dari pengolahan home industri usaha berkat bersama Desa Jangkang.

Dijelaskan Siti Rukayah atau kerap dikenal Siru, olahan pati sawit sudah ada sejak tahun 2009, dan di jalankan oleh orang tuanya. 

Bermula ketika saat itu banyak buah sawit yang ada, sehingga menginofasikan buah sawit menjadi campuran makanan.

Kelanjutan dari pelatihan ini, mahasiswa diharapkan mampu memberikan ide atau inovasi kepada para UMKM yang ada didaerah lainnya dalam mengolah buah kelapa sawit  untuk menjadi olahan makanan teradisional khas Riau, yang bukan hanya di Bengkalis saja.

Hal tersebut guna membantu pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia menjadi suatu yang bernilai ekonomis hingga membantu perekomomian masyarakat Bengkalis bahkan Provinsi Riau.

"Namun, tetap tidak melupakan bahwa olahan tersebut berasal dari Desa Jangkang, Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis," pinta Siru.

Siru bahkan berharap semakin banyak inovasi dalam mengkreasikan olahan makanan dari pati sawit baik dari Desa Jangkang maupun dari desa lain yang ada di Riau maupun di Indonesia.

"Mudah-mudahan mampu meningkatkan daya jual makanan tradisional yang mungkin sudah hampir di lupakan," pungkasnya.

Dalam prakterknya keempat mahasiswa KKN ini tampak serius dan tekun dalam mepelajari olahan yang terkenal di Desa Jangkang ini. #DISKOMINFOTIK