Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Ikut Serta Berpartisipasi Pulih Lingkungan Hidup Di Desa Deluk

Teks foto: Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Ikut Serta Berpartisipasi Pulih Lingkungan Hidup Di Desa Deluk.

BANTAN - Mahasiswa KKN Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau dari Desa Jangkang ikut serta berpartisipasi memulihkan lingkungan hidup di Desa Deluk Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis.

Partisipasi itu dilakukan dalam program Pembinaan Lingkungan Hidup, kegiatan Penanaman Pohon Mangrove di wilayah Kodim 0303 Bengkalis, Selasa 15 Agustus 2023.

Dengan tema "Kebersamaan Dalam Menjaga Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup".

Kegiatan mulia ini, selain Mahasiswa KKN UIN Suska Riau dari Desa Jangkang, juga ikut diramaikan Kelompok Pramuka utusan MAN 1 Bengkalis, serta organisasi masyarakat seperti Pemuda Pancasila.

Acara ini berlangsung selama empat jam dimana kegiatan ini diawali sambutan Zeni Surakmil selaku PASI OP Kapten Dandim 0303 Bengkalis, dilanjutkan sambutan Kapolsek Bantan AKP Kasmandri Subekti kemudian sambutan Kepala Desa Deluk Azman.

Tujuan dilakukannya kegiatan ini ialah untuk mengurangi abrasi yang terus menurus terjadi disepanjang bibir Pantai Deluk, dimana selama beberapa waktu terakhir telah terkikis sejauh 2 KM. Maka dari itu Kodim 0303 Bengkalis berupaya melakukan kegiatan ini dengan mengajak partisipasi dari tokoh masyarakat dan mahasiswa untuk menyukseskan acara tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Deluk Azman berharap pemerintah pusat segera merealisasikan pembuatan batu penahan ombak, karena lajunya abrasi di daerah ini sangat serius.

Sebagai upaya pemerintah setempat saat ini, hanya untuk meminimalisir saja, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon bakau atau manggrove.

"Saya sangat mengucapkan terima kasih kepada pihak Kodim 0303 Bengkalis yang terus konsisten peduli terhadap masalah abrasi di desa kami. Setidaknya dengan program dari Kodim 0303 penanaman pohon mangrove ini dapat melambatkan lajunya abrasi," ucap Kades.

Kemudian Kades Azman juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa KKN UIN Suska Riau dari Desa Jangkang, telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Berikut juga ucapan terima kasih disampaikan Kades Deluk, kepada Kelompok Pramuka utusan MAN 1 Bengkalis, dan organisasi masyarakat seperti Pemuda Pancasila.#DISKOMINFOTIK.