Gelar Gebyar Bagi Hasil Tahunan, Bumdes Jangkang Sejahtera Masih Termasuk Penyumbang PADes Terbesar di Kabupaten Bengkalis

Teks foto: Direktrur BumDes Irzan serahkan Pendapatan Asli Desa dari Bumdes Desa Jangkang sejahtera ke Kepala Desa Jangkang Edi Sutrisno.

BANTAN - Badan Usaha Milik Desa (BumDesa) Jangkang Sejahtera menggelar Gebyar Bagi Hasil tahunan 2022, Usaha Simpan Pinjam(USP) Jangkang Mandiri Desa Jangkang, Kamis, 9 Maret 2023 di ruang serba guna kantor Desa Jangkang.

Sampai saat ini, Bumdes Jangkang Sejahtera termasuk penyumbang PADes terbesar di Kabupaten Bengkalis setelah Desa Langkat Kecamatan Siak Kecil.

Peretasi yg diraih BUMDesa Sejahtera Desa jangkang selama tahun 2022 yakni juara 2 penilaian BUMDes Kabupaten Bengkalis dan 10 besar ( peringkat ke 7) pada penilaian BUMDes World se- Provinsi Riau.

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB itu, dihadiri langsung Plt. Kepala Dinas PMD Bengkalis Ismail, Camat Bantan diwakili Kasi Trantib Kantor Camat Bantan Jayusni dan para tamu undangan lainnya. 

Kemudian, Kepala Desa Jangkang Edi Sutrisno bersama Ketua TP PKK Desa Jangkang Dian Martina, anggota BPD serta sejumlah pemanfaat dana desa.

Direktrur BumDes Irzan mengatakan, pada akhir tahun 2022 pemanfaat USP sebanyak 1.655 orang, jumlah pemanfaat terus mengalami peningkatan dari tahun-tahun ketahun.

Irzan menambahkan pada tahun 2022 Pendapatan Asli Desa dari Bumdes Desa Jangkang sejahtera sebesar 80 juta lebih, hal ini juga mengalami peningkatan, sehingga Sampai saat ini Bumdes Jangkang Sejahtera termasuk penyumbang PADes terbesar Kabupaten Bengkalis setelah Desa Langkat Kecamatan Siak Kecil.

Kata Irzan,  hal ini tentu tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari semua pihak,  terutama kepada pemanfaat USP yang telah mengunakan dana tersebut secara bijak dan baik disertai dengan lancarnya pembayaran ansuran bulanan, sekali kami ucapkan terima kasih kepada pemanfaat yang telah membayar angsuran tepat waktu.

Selanjutnya Irzan mengatakan, untuk pengembangan Unit Simpan Pinjam (USP) Desa Jangkang, perlunya meningkatkan kedisiplinan terhadap pengelola, tertip adminstrasi manajemen keuangannya, kemudian meningkatkan dalam pelayanan beretika, sopan santun, ramah tamah terhadap pemanfaat.

Selain itu diminta kepada pemanfaat pembayaran ansuran, kedepannya harus tepat waktu serta lebih tertib sesuai dengan perjanjian. Kesadaran para pemanfaat tersebut sangat berperan penting terhadap pengembangan USP di desa ini.

"Alhamdulillah PADes dari Bumdes kita masih terbaik se-Kabupaten Bengkalis, kami mohon kepada semua pihak dan khusus pemanfaat agar bersama-sama meningkatkan Pendapatan Asli Desa Jangkang ini mari kita bagun daerah kita secara bersama-sama," kata Irzan.

Selanjutnya Irzan juga menambahkan pada tahun ini ditargetkan Pendapatan Asli Desa jangkang lebih besar mencapai 100 juta rupiah.

“Kami sangat mengapresiasi kepada seluruh masyarakat Desa Jangkang terutama pemanfaat dana desa, kedepan diharapkan terus ditingkatkan untuk pembayaran setiap bulannya,” kata Kepala Desa Jangkang Edi Sutrisno.

Edi juga mengatakan, kedepan tunggakan tersebut, diminta kembali lancar membayar dana desa ini. Demi meningkatkan PAD di Desa Jangkang.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada pengelola Bumdes Desa Jangkang yang terus berusaha meningkatkan PAD melalui bumdes tersebut, kami berharap semoga ini dapat dipertahankan,"tutur Edi.

Sementara itu, Kadis PMD Bengkalis dan Camat Bantan saat menghadiri acara tersebut, mereka sama-sama memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Bumdes Desa Jangkang yang telah berhasil mengelola dana Bumdes dengan baik. Sehingga menjadi contoh bagi desa-desa yang lain.

Usai sambutan dilanjutkan dengan pembagian doorprize Gebyar Bagi Hasil Jangkang Sejahtera dilanjutkan dengan pembagian hadiah, seperti rantai dan gelang emas, Lemari pakaian 3 pintu, meja makan, kipas angin, mesin cuci, meja belajar anak, gelas, kuali serta hadiah menarik lainnya. #DISKOMINFOTIK.