Pengabdian Masyarakat Polbeng Gelar Bimtek Pengelolaan Aplikasi

BENGKALIS - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Teknik Informatika melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Aplikasi permohonan kepengurusan kependudukan secara online kepada staf bagian layanan pemerintahan Desa Air Putih, Kamis, 26 Januari 2023.

Rezki Kurniati selaku ketua pengabdian mengatakan kegiatan Bimtek ini diberikan kepada tenaga operator dan tenaga layanan kependudukan desa air putih.

Rezki menambahkan kegiatan yang dilaksanakan bertujuan agar pemerintah desa air putih dapat menggunakan dan mengelola aplikasi permohonan kepengurusan kependudukan secara online sehingga pemerintah desa air putih dapat meningkatkan layanan desa terhadap kebutuhan masyarakat dalam mengajukan permohonan pembuatan surat perihal kependudukan dan perizinan yang dikeluarkan oleh pemerintah desa.

Kegiatan Bimtek tersebut dilakukan oleh tim PKM dari jurusan Teknik informatika yaitu Rezki Kurniati, Sri Mawarni, Nurmi Hidayasari, dan Wiwin Saputra.

Sedangkan peserta dari desa yang diutuskan untuk kegiatan Bimtek ini berjumlah 3 orang dari bagian layanan kependudukan dan operator desa air putih, sebagai admin yang akan mengelola aplikasi tersebut.

Rezki menambahkan nantinya Kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan di lab Software Testing Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Bengkalis.

"Diharapkan melalui kegiatan ini desa air putih dapat memanfaatkan teknologi di bidang Informatika dan Komunikasi dengan memanfaatkan aplikasi pengajuan layanan kependudukan secara online sehingga pemerintah desa air putih dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya di lingkungan desa air putih," kata Rezki. ##DISKOMINFOTIK.