Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Polbeng Belajar Pengembangan Usaha Masyarakat ke Kampung Patin

BENGKALIS - Tim Program Pemberdayaan Masyarakat Desa Himpunan Mahasiswa Mesin (P2MD-HMM) Politeknik Negeri Bengkalis yang didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi gelar kegiatan Study Tour ke Desa Koto Masjid Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Kegiatan dilaksanakan sejak Jumat sampai Minggu pada tanggal 16-18 desember 2022.

Kegiatan dilakukan sebagai ajang pembelajaran, dan penambahan wawasan tim tentang pengolahan usaha yang berbasis masyarakat, desa yang dikunjungi adalah sentra terpadu pengolahan ikan yang dikenal sebagai kampung patin, Adapun kegiatan yang dilakukan tim dalam kunjungan tersebut adalah diskusi mengenai peran Pemerintah Desa dan masyarakat dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Firman Alhaffis selaku Dosen Pendamping dan Pembina HMM berharap pola pemberdayaan yang sudah berhasil dilakukan masyarakat Koto Mesjid namun lebih dikenal dengan nama Kampung Patin dapat terapkan dalam kegiatan P2MD di desa binaan HMM.

Firman juga menambahkan Mahasiswa sebagai Agent of Change atau agen perubahan melalui kegiatan ini dapat mengembangkan pengetahuan dan wawasannya dalam metode pemberdayaan masyarakat sehingga apa yang sudah capai sampai saat ini dapat berkelanjutan dan terus berkembang. Selain itu mahasiswa harus mampu juga mengajak masyarakat untuk terus menggali potensi yang ada didesa sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat didesa.

Akmal Indra selaku Wakil Direktur 3 berharap agar tim P2MD HMM dapat banyak belajar teknik pemberdayaan kedepan ilmu yang diberikan oleh masyarakat kampung patin ini dapat menjadi acuan untuk kegiatan P2MD HMM,

"Mulai dari teknik pengolahan dan cara mengelolah suatu usaha, dan harapan saya dari kegiatan P2MD ini agar terus berlanjut sampai masyarakat bisa mandiri dalam mengola suatu usaha," katanya. ##DISKOMINFOTIK.