STIE Syar'iah Gelar Forum Bicara Wirausaha Syar'iah

BENGKALIS - Dalam rangka menyongsong kreativitas usaha para mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah Bengkalis menggelar Forum Bicara Wirausaha Syar'iah di Aula STIE Syariah, Sabtu 3 Desember 2022.

Seminar yang mengangkat tema "Membangun Jiwa Kewirausahaan Muda Mandiri, Kreatif dan Inovatif Melalui Bisnis Islami", dibuka langsung oleh Ketua STIE Syariah Khodijah Ishak.

Dalam sambutannya Khodijah Ishak menyampaikan dengan harapan setiap orang mahasiswa STIE Syariah mampu menciptakan satu produk dengan hasil komoditi yang ada di wilayah Tempatan  yang mana produk tersebut nantinya akan dikembangkan di masyarakat maupun dilingkungan Kampus STIE Syariah.

Pada acara tersebut narasumber dari Ketua yayasan Bangun Insani H. Muhammad Isa Selamat, MA, dan Anggota Pengurus Harian DSN-MUI Yono Haryono, ph.D, MSc, SE, Akt serta diikuti oleh mahasiswa STIE Syariah.

Kedua narasumber membagikan kiat-kiat menjadi wirausaha muda dan cara menghadapi tantangan dalam berwirausaha serta mengembangkan usaha dengan bersungguh-sungguh

Narasumber Isa Selamat menjelaskan sedikit mengenai penjualan produk mahasiswa serta mahasiswa mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk nya dimana dilihat di zaman di era digital sekarang ini, para usaha muda tidak perlu lagi turun ke lapangan menjualkan produknya melainkan menjual nya di Media Sosial yang bisa dilakukan di rumah saja.

Sedangkan Yono Haryono menjelaskan mengenai 3 (tiga) hambatan dalam perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah)  yaitu Kapasitas Terbatas atau jumlah yang diminta dimasyarakat terbatas, Terbatasnya Pembiayaan dan Akses Pembiayaan  karena saat ini share kredit UMKM masih relatif rendah, dan salah satu cara dalam meningkatkan akses pembiayaan pada UMKM adalah melalui kredit usaha rakyat (KUR) yang plafonnya ditingkatkan

"itu ialah hambatan dalam UMKM yang perlu diketahui oleh para mahasiswa yang sekarang ini sedang membangun suatu bisnis supaya usaha yang dibangun berjalan dengan lancar dan menghasilkan omset yang tinggi", Pungkasnya.##DISKOMINFOTIK