DLH Gandeng Bahtera Melayu Sosialisasi PBLHS ke SDN 3 Bantan

BANTAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis menggandeng LSM Bahtera Melayu sebagai narasumber untuk sosialisasi pembinaan Program Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (PBLHS). Salah satu sekolah yang ikut pada program tersebut adalah SDN 3 Teluk Pambang Kecamatan Bantan.

Kepala SDN 3 Bantan yang di wakili oleh Edi Yubianto menyampaikan apresiasi kepada DLH dan juga Bahtera Melayu yang peduli dengan program PBLHS, khususnya untuk sekolah-sekolah yang jauh dari perkotaan. Ia berharap, pembinaan yang dilakukan ini menjadi cambuk dan memotivasi stakeholder sekolah yang berada di jauh dari perkotaan, khususnya di desa Teluk Pambang Kecamatan Bantan ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Lembaga Bahtera Melayu yang melakukan pembinaan kepada sekolah kami dan mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini bermanfaat bagi sekolah dan juga masyarakat,” ujarnya, saat acara berlangsung, Sabtu (26/11/2022).

Sementara itu, Direktur LSM Bahtera Melayu Defitri Akbar menyampaikan ucapan terima kasih dan bangga karena SDN 3 Bantan ini, walau jauh dari perkotaan tapi sangat punya niat untuk memajukan sekolahnya menjadi sekolah PBLHS, dalam rangka menjadikan sekolah yang bersertifikat Adiwiyata tingkat kabupaten sampai nantinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Pria yang akrab disapa Dedek ini mengatakan, pihaknya akan membantu memberikan motivasi dan pembinaan sosialisasi tentang bagaimana cara untuk mempersiapkan sekolah SDN3 menjadi sekolah yang berbudaya lingkungan hidup yang asri, serta memberikan edukasi kepada anak-anak tentang pelestarian lingkungan dalam upaya mencapai sekolah Adiwiyata.

Sekretaris LSM Bahtera Melayu Khairul Saleh menambahkan, ia berharap nantinya akan ada nota kesepakatan bersama agar bisa lebih intes melakukan bimbingan. Pria yang akrab disapa Atah ini berharap agar semua komponen sekolah maupun orang tua siswa, ikut serta mendukung komitmen yang kuat demi tercapai apa yang akan dilakukan.

Selanjutnya, kepada pihak sekolah diharapkan tidak hanya selesai dengan sosialisasi saja namun proses penerapan di lapangan harus sama-sama dipantau dan dijalankan. diharapkan juga, SDN 3 Bantan lebih banyak lagi melakukan jejaringan kemitraan dengan stakeholder lain seperti, Kepala Desa, PKK desa, Puskesmas, KUA, Babinsa, Babin Polri Kelompok Lingkungan lain yang berada di sekitar desa mereka terutama dengan sekolah yang sudah mendapat predikat Adiwiyata. ##DISKOMINFOTIK.