Prodi AKP Polbeng Gelar Lokakarya Pemutakhiran Kurikulum

BENGKALIS - Prodi Akuntansi Keuangan Publik (AKP) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menggelar lokakarya pemutakhiran kurikulum project based learning, Pada hari Senin kemarin, 14 November 2022 di Aula Rapat Jurusan Adm. Niaga Politeknik Negeri Bengkalis.

Acara diikuti oleh Wakil Direktur 1 Politeknikn Negeri Bengkalis, Dosen di Jurusan Adm. Niaga, Dosen Prodi AKP dan PLP. Dengan menghadirkan narasumber Dr Kurnia Ekasari,  yang merupakan Pembantu Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Malang secara daring.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Kegiatan Competitive Fund Vokasi Tahun 2022. Yang merupakan program pendanaan Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi . Competitive Fund merupakan program bantuan pengembangan institusi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi, terutama untuk meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran.

Peningkatan mutu pembelajaran diharapkan juga mencakup pemutakhiran kurikulum yang memenuhi standar nasional pendidikan tinggi dan disusun bersama dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA). 
Ka.Prodi Akuntansi Keuangan Publik, Endang Sri Wahyuni, M.Ak mengatakan dengan adanya Workshop ini, Prodi AKP Polbeng dapat memutakhirkan kurikulum berbasis MBKM.

"Dalam kegiatan ini kami menghadirkan narasumber yang diharapkan dapat memberikan masukan dalam rangka memutakhirkan kurikulum Prodi AKP berbasis MBKM, Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Polbeng untuk terus mengembangkan sinerginya menjadi perguruan tinggi vokasi terbaik di Riau serta menyesuaikan dengan berbagai kebijakan direktorat Jenderal PTV.’’ Ujarnya.

Dalam paparan Dr Kurnia ekasari, menyampaikan dalam merumuskan kurikulum perlu adanya tahapan-tahapan yang harus dilalui agar menghasilkan profil Lulusan yang siap sesuai kebutuhan dunia usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan IPTEK sesuai harapan visi Perguruan Tinggi.

Tahapan tersebut dimulai dengan merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL), CPMK, Sub CPMK, Indikator, Pengembangan RPS. semua penerapan Capaian sesuai dengan Aturan Perumusan Kurikulum, saya sangat mengapresiasi tim Prodi AKP karena telah bekerja keras menyelesaikan draft kurikulum ini " Imbuh Dr Kurnia saat menyampaikan materi.

Dalam kesempatannya membuka kegiatan Wakil Direktur 1 Politeknik Negeri Bengkalis Armada S,T., M.T mengatakan ‘’Kurikulum yang dibuat oleh perguruan tinggi haruslah dibuat sesuai dengan kebijakan dan perkembangannya. Prodi AKP melalui kegiatan Competitive Fund diberikan kesempatan untuk dapat memperbaharui kurikulumnya melalui serangkaian kegiatan yang salah satunya adalah kegiatan hari ini, tentunya kami berharap dengan kegiatan ini dapat menjadikan kurikulum produ AKP menjadi lebih baik’’ Ujarnya. ##DISKOMINFOTIK.