Rapor Pendidikan Untuk Perencanaan Daerah dan Satuan Pendidikan, Wujudkan Pendidikan Berkualitas di Bengkalis.

BENGKALIS - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Hj. Kholijah, membuka Webinar Perencanaan Berbasis Data (Rapor Pendidikan) Untuk Perencanaan Daerah dan Satuan Pendidikan Kabupaten Bengkalis. Selasa, 15 November 2022. 

Kegiatan ini ditaja oleh Tanoto Foundation, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis bersama Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Riau. Dilangsungkan di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bengkalis, digelar secara daring dan luring, diikuti Kepala Sekolah TK/PAUD, SD/MI, SMP/MTS se Kabupaten Bengkalis.

Kepala Disdik Kabupaten Bengkalis, Hj. Kholijah menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) telah merilis platform Rapor Pendidikan beberapa waktu lalu.

“Untuk Bengkalis kita sudah menerapkan rapor pendidikan, namun hasilnya belum maksimal, kedepan kita menargetkan rapor pendidikan di Bengkalis menjadi yang terdepan,” katanya.

Kholijah menambahkan, perencanaan berbasis data nantinya bertujuan untuk peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkualitas. Perencanaan berbasis data rapor pendidikan untuk perencanaan daerah dan satuan pendidikan ini harus dimaksimalkan, agar peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan di Kabupaten Bengkalis dapat tercapai.

Kepala Kepala Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Riau Dr. Wisma Endrimon sebagai narasumber mengatakan, tujuan rapor pendidikan untuk mengevaluasi mutu dan sistem pendidikan, rapor pendidikan bukan aib, ajak orang tua siswa untuk bersama-sama melihat dan mendukung peningkatan mutu pendidikan. 

"Kami harap peserta webinar optimis agar perencanaan berbasis data ini berdampak baik terhadap program kegiatan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Bengkalis," tambahnya.

Widyaprada BPMP Riau Wiserman menambahkan, Perencanaan Berbasis Data (PBD) adalah bentuk pemanfaatan data rapor pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Riau Dendi Satria Buana mengatakan, kehadiran Tanoto Foundation dilandasi tujuan yang sama yakni membantu meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia khususnya di Kabupaten Bengkalis. 

"Tanoto Foundation memfasilitasi mitra untuk memaparkan rapor pendidikan, sehingga terkomunikasikan semua satuan pendidikan agar bisa mengakses rapor pendidikan,” katanya. 

Menurutnya, merencanakan program kegiatan berdasarkan hasil analisis rapor pendidikan adalah upaya yang paling tepat dan sangat relevan untuk dilakukan pada saat ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menambah penguatan dan pengetahuan kita terhadap perencanaan pendidikan di Kabupaten Bengkalis” tambahnya.

Kegiatan ini juga turut diikuti secara luring oleh perwakilan Kantor Kementerian Agama Bengkalis, pejabat eselon III dan IV serta pengawas sekolah di lingkungan Disdik Kabupaten Bengkalis.#DISKOMINFOTIK