DPPPA Bengkalis Gelar Pelatihan Kewirausahaan Perempuan Berperspektif Gender

Teks foto: DPPPA Bengkalis Gelar Pelatihan Kewirausahaan Perempuan Berperspektif Gender

BENGKALIS -Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Bengkalis, menggelar pelatihan Kewirausahaan Perempuan Berperspektif gender di Kecamatan Bantan, Selasa 15 November 2022.

Kegiatan pelatihan ini dalam rangka sebagai meningkatkan kualitas hidup perempuan di bidang keterampilan dan meningkatkan potensi perempuan untuk mendapatkan dan memberikan kehidupan yang sejahtera bagi keluarganya.

Kegiatan berlangsung di gedung serbaguna Kantor Camat Bantan Kabupaten Bengkalis, diikuti sebanyak 25 orang peserta dari perempuan-perempuan di setiap desa  Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis dan dihadiri oleh narasumber pengerajin dari Kecamatan Bantan Zuriah, Kepala Bidang Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Kurnia Dina Lestari, dan Pejabat Fungsional Alfiandri.

Kegiatan dibuka  Kepala Camat Bantan Muthu Saily  diwakili Kasi Pemerintah Masyarakat dan Desa Rosmawati.

Dalam sambutannya Rosmawati mengatakan hampir di setiap bidang kehidupan perempuan sudah dapat merambah dan menancapkan eksistensi dirinya. Namun pada sisi lain,  masih banyak perempuan yang bingung dengan hidupnya. 

Lebih lanjut Rosmawati menegaskan perempuan belum menyadari potensi dan peluang-peluang yang dimilikinya untuk berkontribusi dalam pembangunan, padahal perempuan sebagai salah satu elemen masyarakat mempunyai peran signifikan dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. 

"Saya sangat berharap ada tindaklanjut dan harus dikembangkan agar nantinya ke depan perempuan-perempuan dan ibu-ibu yang mengikuti kegiatan pada hari ini bisa secara perlahan, berproses dan berharap bisa membuka usaha dan menjadi wirausahawan," ungkap Camat Bantan sebagaimana disampaikan Rosmawati.

Sementara Kepala Bidang Kelembagaan Pengarusutamaan Gender (KPUG) Kurnia Dina Lestari berharap kegiatan yang di laksanakan pada hari ini betul-betul ada manfaatnya, yang dapat menambah wawasan, pengetahuan dan menambah pendapatan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas kaum perempuan dan di kecamatan ini.

Kurnia Dina Lestari juga menambahkan Bahwa kewirausahaan ini membuat perempuan jadi mandiri dalam sektor ekonomi untuk membantu perekonomian keluarganya dengan menjual hasil karya atau kerajinannya.#DISKOMINFOTIK.