Kelurahan Rimba Sekampung Taja Sosialisasi Gerakan Hidup Sehat

BENGKALIS - Kelurahan Rimba Sekampung Kecamatan Bengkalis menggelar Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kelurahan Rimba Sekampung Tahun 2022, Kamis 03 November 2022, bertempat di aula Kelurahan Rimba Sekampung.

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Lurah Rimba Sekampung Halimahtusadiah, S.STP, M.Si, yang di ikuti sebanyak 30 peserta terdiri dari RT dan RW se Kelurahan Rimba Sekampung, beserta Kader Germas Kelurahan Rimba Sekampung.

Halimahtusadiah dalam sambutannya mengatakan Pencegahan Penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung dan kualitas lingkungan, ketersedian Sarana dan Prasarana serta dukungan pemerintah dan masyarakat.

Hal ini memerlukan suatu gerakan yang sistematis mendorong masyarakat berprilaku hidup sehat. 

Dengan adanya gerakan gerakan masyarakat hidup Kedepannya diharapkan kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan cara meningkatkan aktifitas Fisik secara teratur dan terukur. 

“Dan Alhamdulillah Kel.Rimba Sekampung juga melakukan kegiatan Senam Lansia yg diadakan satu minggu sekali di lingkungan Kelurahan Rimba Sekampung dalam rangka menjaga kebugaran tubuh.

Selain itu sebagai salah satu upaya melakukan deteksi dini penyakit secara berkala, Kelurahan Rimbas juga punya program pemeriksaan Kesehatan Gratis, seperti Cek Gula Darah, Kolestrol, Tensi dll," katanya.

Pada Kegiatan sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari UPT Puskesmas Bengkalis yakni Norma Yuliastuti dan Yeni Sunarsih, Skm.

Yeni memaparkan terkait tujuh langkah GERMAS yang dapat menjadi panduan menjalani pola hidup sehat, diantaranya melakukan aktivitas fisik, budayakan makanan gizi seimbang, menjaga kebersihan lingkungan, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menggunakan jamban, tidak mengkonsumsi alkohol serta tidak merokok.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Sekretaris Kelurahan, Halimah, SH. Kasi Pemberdayaan Masyarakat Sosial dan Budaya, Sri Hartati, S.Akun, Kasi Trantib, Suhairi Se, Sy. Kasi Tapem, Muhammad Yusuf dan undangan lainnya. ##DISKOMINFOTIK.