Pusat Pendidikan Ilmu Al Qur'an Humaira' Qur'an Center Gelar Majelis Penganugerahan Sanad Bacaan Al Qur'an

BENGKALIS - Humaira' Qur'an Center bersama Pondok Gratis Shohibul Qur'an menggelar Majelis Penganugerahan Sanad Bacaan Al Qur'an Riwayat Hafsh 'An 'Ashim Thariq Asy-Syatibiyyah, kepada seorang Santri, dan 3 orang pengajar di Pondok Gratis. 

IMG-20221009-WA0067

Penganugerahan ini secara khusus disaksikan oleh Mudir Humaira' Qur'an Center Ustadz Eka Surya Putra dan Ustadzah Mazlina. turut hadir para ustadz dan ustadzah yang berada dalam lingkungan Humaira' Qur'an Center dan Pondok Gratis Shohibul Qur’an.

Kegiatan ini dimulai usai shalat Isya', pada hari Ahad, 9 Oktober 2022, di Pusat Pendidikan Ilmu Qur'an Humaira' Qur'an Center, Desa Meskom, Kecamatan Bengkalis.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keinginan Mudir Humaira' Qur'an Center, Ustadz Eka Surya Putra untuk terus berkontribusi menjaga keotentikan Al-Qur’an, salah satunya adalah dengan cara pemberian sanad sebagai bentuk standarisasi bacaan Al Quran sebagaimana bacaan Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam.

Adapun syarat-syarat pengambilan sanad di Humaira' Qur'an Center, yakni; hafalan mutqin (kuat) disetor tanpa melihat Mushaf (bill goib), memiliki bacaan Al Quran yang benar sesuai kaidah tajwid.

Sebelum dinyatakan lulus, calon penerima sanad harus terlebih dahulu memperdengarkan bacaan hafalannya dengan sekali duduk secara terbuka di hadapan para Asatidz dan Asatidazah serta para Santri. 

Adapun santri penerima sanad 1 juz (Q.S Al Baqarah) atas nama Latifah Naila, warga Teluk Latak, anak dari pasangan Bapak Bukhari dan Ibu Eriza. Beliau merupakan generasi ke 30 yang bersambung bacaan Al qur’annya ke Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam.

Sedangkan 3 orang lainnya, yang memperoleh Sanad Bacaan Al Fatihah atas nama Dahlia, Nur Syarifah Ayni dan Siti Rumiyah. 

Mudir Humaira' Qur'an Center, Ustadz Eka Surya Putra berpesan sebagaimana Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda “Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori)

Ia mengatakan Al-Qur’an itu diturunkan untuk tiga tujuan, pertama beribadah dengan membacanya, kedua memahami maknanya, dan ketiga mengamalkannya.

"Selamat kepada penerima sanad, belajarlah untuk senantiasa ikhlas hanya mencari ridho Allah Subhanahu Wa Ta’Ala, terus belajar dan ajarkankan, insyaAlllah ini akan menjadi ilmunya bermanfaat, Aamiin," harap Ustadz Eka.#DISKOMINFOTIK