Rayakan Hari Anak Nasional, Mahasiswa Kukerta UIN Suska Riau Gelar Berbagai Kegiatan

BANTAN - Dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional Tahun 2022, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau menggelar berbagai kegiatan di Desa Teluk Pambang.

Kegiatan bertajuk Perayaan Hari Anak Nasional Ke-1 di Desa Teluk Pambang ini digelar selama 2 hari, mulai tanggal 6-7 Agustus 2022, di Balai Desa Teluk Pambang. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya perlindungan dan pemenuhan hak anak. 

Kepala Desa Teluk Pambang, M. Ali B sangat mendukung kegiatan ini, Ia berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan dikesempatan berikutnya.

“Terima kasih kepada Mahasiswa Kukerta UIN Suska karena telah berhasil membuat acara ini. Ini acara yang bagus, luar biasa. Semoga kegiatan positif seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya. Sehingga secara bertahap, desa ini bisa menjadi desa yang layak anak,” ungkap Ali.

Perayaan Hari Anak Nasional Desa Teluk Pambang Ke-1 dibuka Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Sofyan. 

Selain acara pembukaan, dihari pertama, 6 Agustus 2022 terdapat pula rangkaian kegiatan lainnya, seperti sosialisasi kepada masyarakat Desa Teluk Pambang dengan materi, Stop Kekerasan Terhadap Anak disampaikan Hafizhatul ‘Afifah (Mahasiswa Kukerta), materi Ayo Cegah Stunting disampaikan Dicky Chandra (Puskesmas Pambang), dan materi Stop KDRT Menuju Keluarga Harmonis disampaikan Aiman Wahyuden (Mahasiswa Kukerta).

Kemudian diwaktu bersamaan juga dilaksanakan berbagai perlombaan di SDN 19 Bantan, yakni lomba mewarnai kategori TK, lomba menggambar dan mewarnai kategori SD kelas 1-3, lomba pildacil kategori SD kelas 4-6, lomba ranking 1 kategori SMP, dan lomba membaca puisi kategori SMA dengan total peserta sebanyak 120 orang. 

Selanjutnya pada hari kedua, 7 Agustus 2022 dilaksanakan pawai bersama yang dilepas langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Khairul Umam didampingi istri Nurhasanah, Kepala Desa Teluk Pambang, Ketua BPD Desa Teluk Pambang, serta pejabat setempat. 

Pawai diikuti anak-anak Desa Teluk Pambang dan mengikutsertakan SDN 3 Bantan, SDN 19 Bantan, dan SMPN 2 Bantan. Usai pawai dilakukan pembacaan Deklarasi Desa Teluk Pambang Anti Kekerasan Terhadap Anak dan Mendukung Pencegahan Stunting yang dibacakan oleh perwakilan anak Desa Teluk Pambang Aiman & Khodijah. 

Deklarasi tersebut ditandatangani Ketua DPRD H Khairul Umam, Kepala Desa Teluk Pambang, Koordinator Kukerta UIN Suska Desa Teluk Pambang, serta Perwakilan Anak Perempuan dan Laki-laki Desa Teluk Pambang.

Kegiatan ini semakin meriah dengan penampilan dari anak-anak Desa Teluk Pambang, diantaranya pembacaan tilawah qur’an, sari tilawah, dan do’a oleh santriwan/i MDTA Tarbiyah Islamiyyah. Kemudian, Tari Persembahan dan Tari Zapin dan Sanggar Sempadan Melaka, penampilan jingle SAPA 129 dari gabungan SDN 3 dan SDN 19 Bantan, penampilan lagu anak-anak dari SMPN 2 Bantan, dan persembahan kompang oleh Kompang Kondeng Assalam.#DISKOMINFOTIK