Bupati Bengkalis Hadiri Launching Mesin Serut Lidi Sawit

PEKANBARU - Dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung dan Gubernur Riau Syamsuar luncurkan mesin serut Lidi Sawit, Rabu, 29 Juni 2022 di Pekanbaru.

Alat penyerut lidi sawit itu diperkenalkan dan secara resmi diluncurkan guna meningkatkan potensi UMKM dalam menghasilkan berbagai karya dan produk kerajinan bernilai jual tinggi berbahan dasar lidi sawit

Bupati Bengkalis diwakili Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Zulpan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mengapresiasi dengan kepedulian Danrem 031 Wira Bima, seperti diketahui saat ini vegetasi sawit melimpah khususnya di Negeri Junjungan.

"Selain tandan buah segarnya, lidi sawit juga dapat dijadikan berbagai alat dan produk kerajinan berwujud sapu lidi, piring, vas bunga, bahkan produk kerajinan lainnya yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan," ujar Zulpan.

Zulpan menambahkan, alat serut lidi baru hanya di produksi sekitar 35 unit, dan akan di sebarluaskan seluruh Provinsi Riau, dalam waktu dekat nantinya akan didistribusikan kepada masyarakat.

"Dengan mesin itu nantinya akan meningkatkan produktifitas dan pengembangan pelaku usaha UMKM di Negeri Junjungan," tutur Zulpan.

Lanjut Zulpan, dengan mesin itu nantinya terkhusus kepada perajin lidi sawit tentu akan lebih mudah dan cepat dalam melepas lidi dari daun sawit.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol (Inf) Endik Yunia Hermanto mengucapkan terimakasih, karena Kabupaten Bengkalis mendapatkan mesin serut lidi dari Komandan Korem (Danrem) 031 Wira Bima.

"Seperti diketahui Kabupaten Bengkalis menjadi salah satu daerah yang memiliki hamparan komoditas kelapa sawit yang luas dan sangat berpotensi untuk dikembangkannya berbagai produk dan kerajinan berbahan dasar lidi sawit," kara Endik.

Dalam acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda, Bupati dan Walikota se-Provinsi Riau serta Kepala Dinas Perindag dan Koperasi se-Provinsi Riau. ##DISKOMINFOTIK.