Bupati Kasmarni Ajak Semua Pihak Berdayakan Zakat Agar Terus Bermanfaat dan Maju

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Kasmarni mengajak semua pihak berdayakan zakat agar terus bermanfaat dan maju. Karena hal tersebut tidak semata-matanya menjadi tanggung jawab Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bengkalis saja.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Bupati Kasmarni diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Andris Wasono pada acara pendistribusian dan pendayagunaan zakat oleh BAZNAS di Gedung Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Jalan Ahmad Yani Bengkalis Rabu, 29 Juni 2022.

Bupati Bengkalis Kasmarni dalam sambutannya yang dibacakan Asisten 1 Andris Wasono itu berharap melalui kegiatan pendistribusian dan pendayagunaan zakat ini, para mustahik dapat terbantu, dalam pemenuhan kebutuhan usaha, kesehatan, kebutuhan pendidikan, dan bantuan sosial serta berdaya dalam mendongkrak perekonomian, agar dapat keluar dari garis kemiskinan.

"Diera disrupsi yang sedang terjadi saat ini sudah banyak mempengaruhi berbagai sektor dalam kehidupan. Semuanya dituntut untuk berinovasi menghasilkan sesuatu yang baru dan efisien. Tidak terlepas juga mengenai pengelolaan zakat," pungkas Kasmarni. 

Pemerintah melihat potensi yang cukup besar dalam zakat, yang mana dapat membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pada akhirnya akan menurunkan tingkat kemiskinan yang ada.

"Saya berharap, kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut, sehingga zakat benar-benar dapat menjadi pendongkrak ekonomi serta penopang kehidupan masyarakat. Karena zakat, merupakan salah satu ciri ekonomi islam yang fungsinya dapat mensejahterakan umat serta ikut membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan, khususnya di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis ini," ungkapnya. 

Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan infrastruktur pendukung, peningkatan sumber daya manusia dan ekonomi kerakyatan.

Namun lanjut Kasmarni yang perlu diperhatikan bahwa upaya kearah itu tidak hanya sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi sangat diperlukan sekali partisipasi, dukungan dan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat. 

"Dan sebagai umat islam kita diajarkan bahwa islam tidak hanya mengatur urusan-urusan yang berkaitan dengan masalah ibadah formal semata-mata, tapi juga masalah sosial kemasyarakatan. Oleh karena itu, penyaluran zakat usaha produktif, biaya kesehatan, biaya pendidikan dan biaya sosial oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis sangat menunjang program Pemerintah Kabupaten dalam mensejahterakan masyarakat di Negeri Junjungan yang kita cintai karena mampu ikut serta mewujudkan harapan pemerintah untuk menjadikan Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera," kata Kasmarni. 

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis kepada penerima bantuan usaha, kesehatan, pendidikan dan bantuan sosial oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono dan Wakil ketua Baznas Zulkifli.

Terlihat hadir dalam acara tersebut Camat Bengkalis Ade Swirman, Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan serta Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Hakim Mufti. #DISKOMINFOTIK