Kesbangpol Fasilitas Rapat Tim Wasdin Bengkalis

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sekaligus memfasilitasi Rapat Tim Kewaspadaan Dini (Wasdin), Kamis, 23 Juni 2022.

Rapat yang dibuka Bupati Bengkalis diwakili Kepala Kesbangpol, H Hermanto ini turut dihadiri Kapolres Bengkalis diwakili Kasat Intelkam, AKP Deni, Kasi Intel Kejari Bengkalis, Bagas, Kasi Intel Kodim 0303/Bengkalis, Simanjuntak, Kapos Al Bengkalis, Bahar Keya, pihak Imigrasi Bengkalis, Jhonny dan anggota yang tergabung dalam Tim Kewaspadaan Dini lainya.

Melalui pertemuan ini diharapkan dari peserta rapat dapat memberikan masukan pada pemerintah terkait deteksi pencegahan dini agar lebih awal diketahui terhadap suatu masalah ditengah-tengah masyarakat.

"Agar pendeteksian gejolak ketertiban dari berbagai bentuk dilingkungan masyarakat, maka Tim Kewaspadaan Dini ini merupakan hal yang perlu ada. Sehingga sumber-sumber konflik dapat diantisipasi secara dini," ujar Kaban Kesbangpol yang kala itu mewakili Bupati Bengkalis membuka rapat.

Ada beberapa isu-isu nasional yang perlu diwaspadai di daerah, lanjut Hermanto, seperti konflik lahan, aliran pemahaman keagamaan, pemilihan umum dan mencakup secara luas yang berkaitan dengan unsur Suku, Agama, Ras dan Golongan alias SARA.

"Terhadap hal itu, tentu kita harus mewaspadai agar ancaman-ancaman konflik dapat dicegah," tutur Hermanto.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang terlibat di dalam Tim Kewaspadaan Dini, karena telah berperan aktif menjaga ketertiban di Kabupaten Bengkalis.

"Tim Wasdin tentu kita harapkan dapat mendeteksi, mengidentifikasi, menilai, menganalisis, menafsirkan, dan menyajikan informasi dalam rangka memberikan peringatan dini untuk mengantisipasi berbagai potensi bentuk ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan," terangnya.

Semoga, imbuhnya, dengan dilaksanakan Rapat Wasdin ini, koordinasi dan komunikasi tim terus terjalin dan mampu mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang kondusif, sehingga menjadi bagian penting terwujudnya Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera sesuai visi Pemerintah Kabupaten Bengkalis.