Agung Sukoco Juara II Lomba Kaligrafi Internasional di Turki

Teks foto: Agung Sukoco saat menulis kaligrafi

BENGKALIS - Agung Sukoco, salah seorang putra terbaik asal Kabupaten Bengkalis berhasil meraih juara II dalam ajang internasional kaligrafi di Zeytinburnu, Turki.

"Alhamdulillah, atas izin Allah dan do'a orang tua beserta para guru, kami berhasil meraih juara II pada kompetisi kaligrafi internasional kategori Khat Tsulus Jali," ujar Agung saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, Selasa 16 November 2021.

Teks gambar: Khat Tsulus Jali, karya Agung Sukoco yang berhasil meraih II dalam ajang internasional kaligrafi di Turki

Dikatakan pria kelahiran Bathin Solapan itu, kompetisi internasional kali ini berbeda seperti ajang musabaqah lainnya. Peserta di seluruh dunia, hanya mengirimkan fisik karyanya ke Turki saja. Batas akhir pengiriman, 30 Oktober 2021.

"Pengumuman pemenangnya 15 November 2021. Kategori yang dilombakan tidak hanya Khat Tsulus Jali, tapi ada juga Khat Farisi, Naskhi, Tezhip, miniatur, ebru dan seni keramik atau tembikar," ujarnya.

Atas keberhasilannya, Agung berhak atas hadiah sebesar 15 ribu lira Tukri, atau senilai Rp20.970.000. Selain itu, Agung juga diundang untuk menerima langsung hadiahnya di Turki pada 12 Desember 2021 mendatang.

"Karena masih pandemi Covid-19, besar kemungkinan tidak bisa ke Turki. Sedangkan hadiahnya bisa ditransfer," ujarnya mengakhiri.

Adapun nama-nama pemenang keseluruhan, bisa dilihat melalui tautan klik disini.

Untuk diketahui, prestasi Agung di dunia Khattil Qur'an tidak diragukan lagi. Pemuda kelahiran 21 Juli 1994 itu menjadi andalan Kabupaten Bengkalis saat ajang MTQ tingkat provinsi.

Iven MTQ Provinsi Riau 2019 terakhir yang diikuti, Agung berhasil meraih juara II cabang Khattil Qur'an golongan Hiasan Mushaf. #DISKOMINFOTIK