Saat Pembelajaran Tatap Maya Tahap 2:

Bupati Kasmarni Sampaikan Persoalan Tenaga Kerja Lokal ke Pemerintah Pusat

Teks foto: Bupati Bengkalis Kasmarni ketika mengikuti pembelajaran tatap maya tahap 2 hari kedua pembekalan kepemimpinan pemerintahan dalam negeri , Rabu, 1 September 2021

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Kasmarni berharap Pemerintah Pusat ikut mendorong agar perusahaan-perusahaan yang beraktivitas di daerah mengutamakan tenaga kerja lokal saat membuka lowongan pekerjaan.

Harapan itu disampaikan mantan Camat Pinggir ini ketika mengikuti pembelajaran tatap maya tahap 2 pembekalan kepemimpinan pemerintahan dalam negeri, Rabu, 1 September 2021.

Seperti kemarin, pembelajaran tatap maya yang ditaja BPSDM Kemendari di hari kedua ini, juga diikuti Bupati/Wakil Bupati serta Wali Kota/Wakil Wali Kota se-Indonesia non petahana hasil Pilkada 2020. Termasuk Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bengkalis H. Bagus Santoso.

Dikatakannya, salah satu persoalan ketenagakerjaan di daerah yang sering muncul selama ini, para pengusaha kerab tidak memperhatikan dan kurang memberikan kesempatan kepada tenaga kerja lokal.

“Karena itu, melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, kami sangat berharap Pemerintah Pusat ikut mendorong supaya perusahaan-perusahaan yang beraktivitas di daerah lebih mengutamakan tenaga kerja lokal saat membuka lowongan pekerjaan”, pintanya.

Harapan itu disampaikan Kasmarni kepada Staf Ahli Bidang Pengembangan Produktivitas dan Daya Saing Ekonomi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Lestari Indah, saat sesi tanya jawab usai memaparkan materi tentang Implementasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Menanggapi asa Bupati Kasmarni, Lestari Indah mengatakan, akan meneruskannya kepada Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker).

“Akan kami sampaikan ke Kemenaker. Kami juga akan minta agar Kemenaker ambil bagian dalam akselerasi peningkatan kompetensi dan kualitas tenaga kerja lokal melalui pelatihan-pelatihan”, ujar Lestari Indah.

Selain dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, ada 2 materi lagi yang disampaikan hari ini.

Yakni, Sinergi Pengelolaan Keuangan Negara dan Daerah di Masa Covid-19 yang disampaikan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melalui tapping video.

Kemudian, Kebijakan Penguatan Ketahanan Pangan Rakyat di Masa Pandemi Covid-19 yang juga langsung disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Selain Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah H Ismail, ikut mendampingi Bupati Kasmarni dalam pembelajaran tatap maya tahap 2 di hari kedua tersebut Kadis Ketahanan Pangan H. Imam Hakim, Kepala BPKAD Aulia, Kepala Dinas Kominfotik Johansyah Syafri, Inspektur Rafiardi Ikhsan, dan Kadis Parbudpora H. Anharizal. #DISKOMINFOTIK